Suara Dentuman di Kawah Gunung Bromo Masih Terjadi

  • Whatsapp
Kondisi terkini pasca letusan gunung Bromo, Sabtu (20/7/2019).
Kondisi terkini pasca letusan gunung Bromo, Sabtu (20/7/2019).

KabarRakyat.ID – Letusan gunung Bromo yang terjadi, Jumat sore (19/7/2019). Kemarin nampaknya mulai menurun. Namun, suara dentuman di kawah gunung Bromo masih terdengar jelas hingga, pada Sabtu pagi (20/7/2019).

Semburan material vulkano gunung Bromo tidak lagi nampak. Pantauan BVMBG pos gunungapi Bromo menyebutkan hanya asap tipis setinggi 300 meter dari puncak. Namun begitu, suara dentuman masih terdengar keras di kawah Bromo.

Letusan yang teramati BVMBG (Jumlah : 5, Amplitudo : 30-37 mm, Durasi : 56-1372 detik). Hembusan (Jumlah : 3, Amplitudo : 4-5 mm, Durasi : 16-19 detik). Vulanik dangkal tercatat(Jumlah : 3, Amplitudo : 4-35 mm, Durasi : 15-23 detik). Sementara Tremor Menerus (Microtremor) terekam dengan amplitudo 0.5-37 mm (dominan 1 mm). Cuaca di sekitar puncak gunung Bromo cerah di pagi ini.

Secara umum kondisi gunung Bromo terpantau tidak ada sebaran abu.

“Pagi ini cuaca cerah banget, hanya asap tipis terlihat di sekitar kawah. Berbeda dengan kemarin abu pekat mengepul di kawah Bromo disertai kegempaan,” ungkap Sutris warga Sukapura, Sabtu (20/7/2019).

Sementara aktifitas wisatawan di gunung Bromo terpantau normal. Umumnya travel and biro tidak terpengaruh dengan erupsi Bromo. Hunian tamu hotel masih normal. Ardi(35), wisatawan asal Surabaya mengaku enjoy berada di Bromo meski kemarin ia melihat erupsi.

Kepala BPBD Kabupaten Probolinggo Anggit Hermanuadi menghimbau kepada jasa wisata untuk tidak mengarahkan tamu di radius 1 KM dari kawah Bromo.

“Wisatawan tidak boleh masuk kawasan 1 Km di dekat Kawah Bromo. Ini berbahaya sekali jika sewaktu-waktu terjadi erupsi seperti kemarin. Wisatawan masih bisa melihat eksotisme lautan pasir dari Cemoro lawang atau spot lain “, tegas Anggit Hermanuadi.

Reporter : Richard

Editor : Choiri

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *