Sukses Budi Daya Lele Polsek Jrengik Tanam Labu Madu ‘Wow Banget’

  • Whatsapp

Budi Daya Labu Madu di Polsek Jrengik jajaran Polres Sampang, Polda Jawa Timur. (Ft. Jamal)

Inovasi Ketahanan Pangan di Masa Pandemi Covid-19

KABAR RAKYAT – Wujud dukungan terhadap ketahanan pangan pemerintah dalam masa pandemi Covid-19. Selama tiga bulan, Polsek Jrengik jajaran Polres Sampang berinovasi manfaatkan lahan sekitar Mako untuk ditanaman Labu dan budidaya ikan lele.

Hal ini, dibenarkan Kapolres Sampang AKBP Abdul Hafidz S.IK, M.SI yang di wakili Kapolsek Jrengik AKP Sukadi SH, ditemui Kabar Rakyat, pada, Jum’at (20/02).

Bacaan Lainnya

“Setelah budi daya ikan lele sukses. Kami beserta anggota mencoba budi daya tanaman labu madu yang nutrisnya baik untuk bayi sebagai pendamping ASI (Air Susu Ibu). Juga baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin A dan B kompleks, antioksidan, daya serat yang tinggi, dan beta karoten” ujar AKP Sukadi SH.

Mantan Kapolsek Banyuates Polres Sampang tersebut juga menjelaskan keunggulan budi daya tanaman labu madu (Cucurbita Moschata) atau orang luar negeri menyebutnya Pumpkin Butternut.

“Teknik budi daya Labu Madu jenis tanaman yang tidak sulit karena hampir sama seperti tanaman labu lainnya atau tanaman hortikulturan seperti sayur,” lanjut Kapolsek Jrengik.

Budi Daya Labu Polsek Jrengik. (Ft. Jamal)

Panjang lebar, Kapolsek AKP Sukadi SH menjelaskan proses budidaya Labu Madu mulai persiapan lahan, proses penanaman sampai proses perawatan tanaman.

“Di era pandemi Covid-19 ini semua harus selalu meningkatkan kewaspadaan dengan patuh protokol kesehatan dan meningkatkan ketahanan pangan dengan bertanam memanfaatkan lahan sekitar yang tidak terpakai, saya sebut Kebun Mini,” terang Kapolsek Jrengik.

Dalam waktu dekat, AKP Sukadi menuturkan akan panen tanaman Labu Madu yang perkiraannya dipanen bulan Maret 2021. Sebagian besar hasil panenan itu akan dijual kepada pedagang, agar uang penjualan bisa kami gunakan dalam program percepatan penanganan Covid-19, beli masker dan handsanitizer dibagikan gratis kepada masyarakat Jrengik.

“Secara simbolis, kami (Polsek Jrengik) akan mengundang para kepala desa, Karang taruna dan perwakilan masyarakat di Jrengik saat panen tiba nanti,” ungkap AKP Sukadi.

Ditambahkannya, panenan nanti selain bisa membantu masalah pangan masyarakat di masa Pandemi. Labu Madu dengan bentuk buah yang unik dan belum banyak dikembangkan menjadi potensi berniali ekonomi tinggi.

“Harapannya inovasi ini berdaya tarik tersendiri. Berpotensi dikembangkan jadi satu agrowisata petik buah seperti ditempat lain menambah pendapatan ekonomi warga” pungkas Kapolsek Jrengik ini.*

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *