Sukseskan 100 Desa Wisata, Disparbud Trenggalek Survey Pemetaan Wilayah

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Upaya Pemkab Trenggalek menciptakan 100 Desa Wisata pada 2021 ini. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) gencar laksanakan survey pemetaan wilayah dan bimbingan wisata di pedesaan.

Hal itu disampaikan, Toni Widianto, S.Hut Kepala Bidang Destinasi Wisata dari Disparbud Kabupaten. Salah satu wilayah kaya potensi wisata, yakni Desa Pandean Kecamatan Dongko yang di survey pada, Minggu (24/1).

Lebih jauh diungkap Tony Widianto, hasil survey ditemukan potensi besar menjadi produk wisata unggulan desa.

“Setelah kita survey, Desa Pandean banyak menyimpan potensi yanv luar biasa. Air sungai bersih, penuh batu-batuan arusnya deras cocok untuk wisata Arum jeram (tubbing). Masyarakatnya masih memegang teguh tradisi budaya leluhurnya. Potensi besar ini harus dilestarikan menjadi produk wisata,” terang Toni.

Sebagai staf yang ditugaskan pimpinan kepala dinas, Tony mengakui metelah menyiapkan upaya guna suksesnya program visi misi Bupati Trenggalek pada menciptakan 100 Desa Wisata.

Secara geografis Desa Pandean Kecamatan Dongko terletak di dataran tinggi 1000 dpl di wilayah Kabupaten Trenggalek. Kaya dengan potensi alam yang luar biasa.

Bahkan Kelompok Masyarakat Sadar Wisata atau Pokdarwis Arum Pulosari.

“Kami bersyukur, program rintisan kali ini, Pokdarwis Arum Pulosari telah menginisiasi beberapa atraksi wisata, antara lain: Tubbing, Kuliner Khas dan kesenian tradisional budaya lokal Gending dan Tabuh Lesung,” Jelas Tony.***

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *