Sumber Mata Air Omben dan Legenda Jokotole

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT  – Sumber mata air Omben mungkin sudah tidak asing lagi bagi Masyarakat Madura, maupun Masyarakat diluar Pulau Madura. Lokasinya sekitar 500 meter ke utara dari Pasar Omben, tepatnya berada di Desa Omben, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang.

Setiap hari Masyarakat, kata Amin Warga setempat kalangan muda maupun tua sering meluangkan waktu kesini.

Bacaan Lainnya

“Mungkin Sekedar untuk refresing disekitar kolam yang tak jauh dari sumber mata air omben itu, apalagi kalo pas hari raya idul fitri mas lebih rame,”katanya (9/3/2021).

Sedangkan untuk pengunjung, Ungkap Amin tidak dibatasi atau tidak dikenakan biaya.

“Jadi siapapun boleh masuk, gratis, cuman harus jaga ketertiban, seperti jangan melakukan hal yang aneh-aneh dan membuang sampah sembarangan,”ungkapnya

Sementara jamal pengunjung Sumber Mata Air Omben mengatakan dirinya merasakan ketenangan ketika berada di Pemandian tersebut.

“Saya dari sampang juga tapi kala ada waktu sering kesini, karena Suasananya sejuk, mungkin karena rindangnya pepohonan yang berada di pinggir kolam,”ucapnya

Tak hanya itu, tambah Jamal jernihnya Sumber Mata Air Omben menarik simpati.

“Airnya sangat jernih mas. Enak juga kalau diminum..he..he..Sehingga tak jarang saya merendamkan diri maksudnya mandi,”imbuhnya.

Disisi lain Panorama sumber Mata Air Omben menurut kepercayaan Masyarakat Setempat, berawal dari kisah legenda Jokotole. Dikisahkan dulu Jokotole bersama istrinya melakukan perjalanan dari Bangkalan menuju Sumenep dengan menunggangi Kuda.

Menurut cerita, kata Arief Warga setempat sang Istri mempunyai penyakit Buta dan kelumpuhan, setibanya disuatu tempat yang sekarang dikenal dengan Omben, Jokotole menancapkan Tongkatnya.

“Setelah dicabut tancapan tongkat itu, menyemburlah Mata Air yang sangat jernih dan mengenai tubuh istrinya seketika itu penyakit istrinya langsung sembuh,”katanya.

Tak hanya itu, tutur Arief ada bekas kaki kuda Jokotole yang berada disebuah batu sebelah baratnya sumber Air.

“Kira-kira begitu cerita awalnya ada sumber mata air Omben ini mas dan juga yang dipercayai oleh Masyarakat,”tuturnya.

Selain itu juga tambah Arief ada sebuah pohon yang umurnya sudah tua disekitar Sumber Air yang sampai sekarang tidak bisa ditebang.

“Dulu sudah berkali-kali ditebang tapi tetap tidak bisa, artinya tidak mempan, jadi dibiarkan dan tak pernah lagi di lakukan penebangan,”imbuhnya

“Ya tergantung mau mempercai saperti apa Yang jelas ini adalah sebuah kisah dan cerita yang sampai sekarang oleh Masyarakat dipercayai dari Jokotole, selebihnya Wallahu’alam,”ujarnya.*

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *