Friday, October 30, 2020
Home JATIM BANYUWANGI Sungai Badeng Songgon Saksi Berkibarnya Merah Putih HUT RI Ke-75

Sungai Badeng Songgon Saksi Berkibarnya Merah Putih HUT RI Ke-75

- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 berlangsung hikmat meski bangsa ini di landa pandemi covid -19. Seluruh elemen masyarakat Indonesia bersikap hormat ketika bendera Merah Putih dikibarkan.

Hari Kemerdekaan RI ke 75 dirayakan oleh segenap anak bangsa. Moment kenegaraan yang mengusung tema rasa persatuan dan kesatuan menjadi nilai terpenting di negeri ini. Merah putih telah menjadi perekat sekaligus simbul negara.

Di Banyuwangi peringatan HUT Kemerdekaan RI diperingati dengan beragam kegiatan. Salah satu yang menarik upacara bendera di tengah sungai Badeng, Dusun Sumberagung, Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon, dilakukan oleh beragam komunitas mulai mahasiswa Poliwangi, komunitas UMKM, Komunitas Jeep, Perhutani dan pegawai Dinas Pengairan dan Muspika Songgon.

Mengusung tema semangat Kemerdekaan di tengah adaptasi kebiasaan baru peserta upacara HUT RI ke 75 tahun 2020, berharap moment 17 Agustus sebagai awal kebangkitan bersama.

” Moment HUT RI ke -75 dimaknai sebagai sebuah kebersamaan dalam melawan covid -19. Dilain sisi moment ini sebagai bentuk kebangkitan menuju Indonesia lebih baik, khususnya Banyuwangi. Semangat pemulihan ekonomi harus dikobarkan dari Desa hingga kota”, kata Camat Songgon Drs.Kunta Prastawa, Senin (17/8/2020).

Usai upacara bendera dilaksanakan penanam pohon, penghijauan di Wisata Pinus Songgon

Upacara yang digelar di sungai Badeng, Desa Sumberbulu, Kecamatan Songgon dilakukan terbatas dan menerapkan protokol kesehatan. Komandan Upacara dari Polsek Songgon, Babinkamtibmas Sumberbuluh Bripka A. Fahoni, Inspektur Upacara Camat Songgon Kunta Prastawa, dan Tim Wisata Pinus Songgon.

” Komunitas yang turut serta, Komunitas SKIN (Suzuki Katana Indonesia), Kuman Alam, Mahasiswa Poliwangi Negeri Banyuwangi, Karang Taruna Dusun Pertapan, Pengairan Kali Sampean, Aqua Danone. anggota Perhutani, Dinas Pengairan dan muspika semuanya bermasker,” ungkapnya.

“Kami bangga atas partisipasi mereka dalam HUT Kemerdekaan RI ke 75 tahun 2020. Semoga kebersamaan ini menjadi modal untuk meningkatkan iklim wirausaha di Songgon”, tandas Camat Sunggon.

Tepat upacara sengaja dipilih di bendungan Sungai Badeng karena memiliki suasana alam yang indah.

Disisi lain, tepat ini juga digunakan sebagai wahana arum jeram wisata Pinus Songgon.

” Selain upacara HUT RI ke 75 kami juga menggelar gerakan menanam pohon di bantaran sungai Badeng. Komitmen menjaga lingkungan dan ekosistem alam harus senantiasi dilakukan”, kata Yusup koordinator kegiatan HUT RI.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca