Jumat, Januari 22, 2021
Beranda JATIM BONDOWOSO Tahun Baru Saat Pandemi, PKL Tak Dilarang Berdagang di Alun-alun Bondowoso

Tahun Baru Saat Pandemi, PKL Tak Dilarang Berdagang di Alun-alun Bondowoso

REPORTERIfa Bahsa

KABAR RAKYAT – Pemerintah Kabupaten Bondowoso berencana akan menutup dan melarang setiap kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan saat pergantian tahun baru.

Kecuali, puluhan pedagang kaki lima (PKL), mereka tetap diperbolehkan berjualan dengan tetap menjalankan protokol kesehatan.

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bondowoso, melalui Sekretaris Adi Sunaryadi, menerangkan bahwa sesuai arahan Presiden yakni pemulihan Ekonomi dan penanggulangan Covid harus sama-sama berjalan.

Namun, Satgas Penanganan Covid-19, dengan tegas melarang adanya bentuk kegiatan yang berpotensi orang itu berkerumun. Jika ada masyarakat yang masih melanggarnya, maka akan ada sanksi dari pihak kepolisian.

” Jalan tengahnya ya eventnya dilarang dulu. PKLnya tetap jalan,” katanya saat ditemui awak media, Senin (7/12/2020) di Wisma Wabup.

Sementara itu, Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat, mengakui bahwa aturan tersebut membuat pemerintah dilematis. Jika pemerintah menutup dan melarang PKL berjualan, maka akan mengganggu kehidupan ekonomi mereka.

” Ini urusan perut. Jangan sampai mengganggu ekonomi. Yang penting jangan sampai ada kerumunan. PKL tetap boleh jualan dengan tetap protokol kesehatan, ” tegasnya.

Kendati demikian, Satgas Covid-19 akan tetap mengawasi dan memperketat area alun-alun Bondowoso, untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan saat pergantian tahun baru.

Untuk diketahui, penutupan akan dimulai sejak tanggal 21 Desember hingga 3 Januari 2021.

Pengumuman tersebut disampaikan oleh Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bondowoso, Bupati Salwa Arifin melalui surat yang dikeluarkan pada 1 Desember lalu.

Dalam surat tersebut, juga mempertimbangkan penyebaran dan penularan Covid-19 secara nasional, regional dan lokal. Sehingga, para Satgas diminta untuk bertindak tegas terhadap segala bentuk pelanggaran protokol kesehatan dan pelanggar penggunaan alun-alun RBA Ki Ronggo.***

 

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca