Tahun 2020 Penyaluran Dana Bos Ditranfer ke Rekening Sekokah

  • Whatsapp

KabarRakyat – Pemerintah telah mengubah kebijakan penyaluran dana bantuan Biaya operasional Sekolah (BOS).

Sebelumnya dari Rekening Kas Umum Negara (RKUN) ke Rekening Umum Kas Daerah (RKUD) propinsi baru disalurkan ke rekening sekolah. Kebijakan yang baru tahun 2020 ini , bantuan dana BOS dari RKUN langsung ditransfer ke rekening sekolah.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyuwangi, Suratno, S.Pd mengatakan bahwa pihaknya telah mensosialisasikan kebijakan baru penyaluran BOS tersebut kepada seluru Kepala Sekolah dengan mengundang hadirkan narasumber dari Kementerian Pendidikan dan Direktur Pembinaan Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri.

“ Untuk BOS ada kebijakan baru dalam konteks kemerdekaan belajar, saat ini penyalurannya dari Rekening Kas Umum Negara langsung ke rekening sekolah agar lebih cepat, dan kepala sekolah ngak perlu cari dana talangan , “ ucap Suratno saat dikonfirmasi Kabar Rakyat, Selasa (10/03/2020) di Gedung DPRD Banyuwangi.

Selain itu, Pemerintah juga menaikkan alokasi anggaran dana BOS. Tahun ini, setiap siswa pada jenjang Sekolah Dasar (SD) menerima dana sebesar Rp. 900 Ribu per tahun, naik dari tahun sebelunya yang hanya Rp. 800 Ribu. Siswa pada jenjang SMP/MTs menerima sebesar Rp. 1,1 Juta, naik dari tahun lalu yang hanya sebesar Rp. 1 Juta.

“ kebijakan lainnya, Pemerintah menaikkan jumlah anggaran BOS sebesar Rp. 100 Ribu per siswa, dari masing-masing jenjang , “ ucap Suratno.

Selanjutnya dari sisi pengunaan, dari sepuluh komponen pengunaan dana BOS, ada salah satu komponen yang ada limitasinya atau batasannya yakni untuk pembayaran honor Guru Tidak tetap (GTT) atau insentif Guru Honorer.

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *