Sunday, October 25, 2020
Home JATIM BONDOWOSO Tak Bermasker, Warga Bondowoso Disanksi Bersihkan Pemakaman

Tak Bermasker, Warga Bondowoso Disanksi Bersihkan Pemakaman

REPORTERIfa Bahsa
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Indonesia tengah memasuki era normal baru atau kebiasaan baru. Masyarakat pun dilonggarkan dalam beraktivitas, namun tetap menjaga protokol kesehatan. Jaga jarak satu dengan lainnya dan terpenting bermasker saat aktifitas.

Pemerintah dan aparat di Kabupaten Bondowoso aktif melakukan berbagai cara untuk mendisiplinkan warga guna menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Bagi mereka yang melanggar protokol kesehatan. Kali ini Polsek Maesan, jajaran Polres Bondowoso memberikan sanksi pelanggar tidak bermasker dengan bersih-bersih tempat pemakaman umum.

Beberapa warga tidak bermasker, selain diberi masker gratis. Mereka juga membersihkan tempat pemakaman umum di Desa Sumbersari, Kecamatan Maesan, Jum’at (4/9/2020).

Baca: Empat Parpol Deklarasi Menangkan Yusuf Widyatmoko – Gus Riza di Pilkada 2020

Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz, mengatakan, warga pelanggar yang tak mengenakan masker sudah diberi hukuman, meski sanksinya hanya bersih-bersih kuburan. Harapannya, itu menjadi efek jera dan tidak mengulangi kesalahan lagi.

Semula, katanya, masyarakat yang tak menggunakan masker akan diminta untuk menyapu jalan. Hanya saja, karena terlalu banyak dan dikhawatirkan justru menumpuk.

Maka pihaknya pun meminta pelanggar membersihkan kuburan. “Kebetulan di dekat kami operasi ada kuburan,”katanya.

Ia mengaku bahwa manakala upaya sanksi sosial membersihkan kuburan bisa meningkatkan kesadaran masyarakat. Pihaknya akan coba mengusulkan pada gugus tugas kabupaten. “Nanti coba diusulkan kalau efektif,” urainya.

Baca: Besar Dukungan Parpol  Tidak Jaminan Calon Kepala Daerah Menang Pilkada 2020

Disebutnya, bahwa selama ini pihaknya bersama tim gabungan TNI, Satpol PP, BPBD terus melaksanakan sosialisasi Intruksi Presiden No. 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan pengendalian Covid 19 kepada warga.

“Mudah-mudahan kesadaran masyarakat jadi lebih meningkat,” pungkasnya.***

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca