Jumat, November 27, 2020
Beranda JATIM BANYUWANGI Tanggapan Atas Pemberitaan Media Kabarrakyat

Tanggapan Atas Pemberitaan Media Kabarrakyat

Koreksi Pemberitaan

Pesanggaran, 12 November 2020 – Pemberitaan media online kabarrakyat.id, Rabu, 11 November 2020 berjudul “Di Tengah Pandemi Covid-19 Komisi III DPRD Banyuwangi Dorong Eksekutif Tetap Produktif dan Inovatif dalam Rangka Optimalisasi PAD”menyebutkan:

Komisi III DPRD Banyuwangi meminta KPP Pratama Banyuwangi untuk mengingatkan perusahaan tambang emas yang beroperasi di Banyuwangi, yakni PT Bumi Suksesindo (PT BSI) untuk segera memenuhi kewajibannya membayar pajak sebelum tahun anggaran 2020 berakhir.

“Penerimaan pajak All Tax dari PT BSI nilainya hampir Rp 500 miliar, namun hingga saat ini baru terhimpun sebesar Rp 350 miliar, harapannya sebelum berakhirnya tahun 2020 bisa lebih meningkat, khususnya Pajak Bumi dan Bangunannya,” pungkas Emy Wahyuni Dwi Lestari.

PT Bumi Suksesindo menganggap apa yang telah disiarkan kabarrakyat di atas merupakan informasi yang tidak utuh dan berpotensi disalahpersepsikan oleh masyarakat, sehingga dapat merugikan perusahaan. Oleh karena itu, perusahaan perlu menyampaikan beberapa poin untuk menghindari kesalahan persepsi masyarakat terhadap objek pemberitaan, yaitu kewajiban pajak PT BSI yang harus dibayarkan pada 2020.

  1. Selama Pandemi Covid-19, Menteri Keuangan memberikan insentif pajak berupa penundaan pembayaran PPh 25 sebesar 30 persen dari April s.d. Juni 2020. Karenapandemi berlanjut, pemerintah memberikan insentif tambahan sebesar 20 persen (total menjadi 50 persen) dari Juli s.d.Desember 2020. Ini merupakan fasilitas pajak yang diberikan oleh negara melalui Menteri Keuangan.
  2. Berdasarkan insentifpajak tersebut, perusahaan tidak melanggar kewajiban pajak dandiperbolehkanmembayarkansisa Rp150 miliar atau USD 9,9 juta pada periode April 2021. Insentif pemerintah ini sangat membantu dunia usaha untuk menjaga cash flow perusahaan agar tetap stabil dalam menghadapi dampak pandemi dan krisis ekonomi global yang berkepanjangan.
  3. Dalam menjalankan operasinya, Bumi Suksesindo selalu menaati peraturan serta berkomitmen dalam mendukung pembangunan Banyuwangi, termasuk keputusan pemindahan kantor pajak dari Jakarta ke Banyuwangi pada awal 2019, yang telah berkontribusi besar terhadap PAD Banyuwangi. Pada 21 Februari 2020, PT Bumi Suksesindo dinobatkan sebagai perusahaan taat pajak dan berpredikat sebagai pembayar pajak tertinggi di Kabupaten Banyuwangi tahun 2019. Pajak yang dibayarkan PT BSI melalui KPP Pratama Banyuwangi sebesar Rp 674 miliar atau sekitar 49 persen pendapatan pajak Banyuwangi.

Sekilas PT Bumi Suksesindo

Bumi Suksesindo (BSI) merupakan perusahaan pertambangan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), berdasarkan Keputusan Bupati Banyuwangi Nomor 188/547/KEP/429.011/2012 tanggal 9 Juli 2012. PT BSI telah memiliki Izin Usaha Pertambangan Operasi Produksi (IUP OP) seluas 4.998 ha. Terletak di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur dengan kegiatan utama saat ini berfokus pada unit bisnis produksi emas dan tembaga di Tujuh Bukit Operations atau yang lebih dikenal dengan sebutan Tumpang Pitu.

Kualitas sumber daya mineral pada Tujuh Bukit Operations diakui Negara sebagai asset dengan nilai sangat strategis. BSI kemudian ditetapkan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas) pada tanggal 26 Februari 2016.

PT BSI memulai produksi pada lapisan oksida dengan penambangan bijih (ore) perdana pada tanggal 1 Desember 2016 sekaligus menandai peralihan kegiatan perusahaan dari tahap konstruksi ketahap operasi produksi. Dengan menerapkan konsep green mining, semua aktivitas di tambang emas Tujuh Bukit terbuka untuk kepentingan public sesuai batasan peraturan perundang-undangan. Pelaksanaan aktivitas teknis, operasional, administrative dan hubungan eksternal lainnya dilakukan oleh PT BSI dengan melibatkan 2.366 karyawan di mana 99% adalah WNI dan 63% lebih merupakan warga lokal Banyuwangi, dan 43% adalah warga Ring 1 Pesanggaran.(*)

 

Redaksi telah memberikan hak koreksi, sesuai yang diharapkan. Atas perhatian dan koreksinya kami sampaikan terimakasih. 

Berikut link, https://kabarrakyat.id/ditengah-pandemi-covid-19-komisi-iii-dprd-banyuwangi-dorong-eksekutif-tetap-produktif-dan-inovatif-dalam-rangka-optimalisasi-pad/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca