Tanjakan Rowo Bayu Jadi Tantangan Peserta ITdBI

  • Whatsapp
KABARRAKYAT.ID– Tanjakan Rowo Bayu, Desa Bayu, Kecamatan Songgon bakal menjadi rute baru para climber pada etape 1 event International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) yang akan digelar mulai tanggal 26-29 September mendatang.
Kompetisi balap sepeda kategori 2.2 yang masuk agenda resmi federasi balap dunia United Cycliste International (UCI) sengaja didesain berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Dimana 20 tim yang ikut dalam ITdBI harus menaklukkan dua tanjakan ekstrem di garis finish Rowo Bayu etape 1 dan  Ijen etape 4.
Kabid Olahraga Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi, Alfin Kurniawan menjelaskan, pembaruan finish ini dilakukan agar ITdBI menjadi spesialis tour tanjakan. Etape 1 dan 4 merupakan balapan terberat yang bakal dilakoni para pebalap khususnya persaian para climber dari masing-masing tim.
“Tentu, bagi pebalap yang mampu menunaikan finish bakal menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Karena beberapa pebalap tiba di finish tapi catatan waktunya tak seperti yang diharapkan,” tuturnya.
Lanjut Alfin, etape 1 start di depan Pemda Banyuwangi dan finish di Rowo Bayu. Pada etape ini juga dibuat berbeda atau kebalikan dari tahun sebelumnya, dimana para pebalap harus mengitari kota tiga kali terlebih dulu sebelum menuju finish di Desa Bayu, Kecamatan Songgon.
Untuk etape 2 memulai balapan dari Kecamatan Kalibaru dan berakhir di depan Pemda Banyuwangi. Selanjutnyan untuk etape 3, start dari RTH Maron Kecamatan Genteng dan finish di Pemda Banyuwangi. Sedangkan etape 4 berangkat dari Desa Sarongan, Kecamatan Pesanggaran serta finish di Ijen, Kecamatan Licin.
“Three Diamond Angle kita tonjolkan untuk mengeskpos wilayah Sarongan sebagai pintu masuk menuju wisata Sukamade. Tahun lalu finish tanjakkannya dibuat pada etape ketiga sehingga di balapan etape terakhir mudah diprediksi siapa juaranya,” jelas Alfin.
Alfin menambahkan, ITdBI tahun ini akan diikuti  4 tim asal Indonesia dan 16 tim berasal dari luar negeri. Masing-masing tim menerjunkan 5 pebalapnya. Saat ini, sebagian tim sudah mulai berdatangan di Banyuwangi.
Terpisah, Chairman ITdBI Guntur Priambodo menyampaikan, memasuki tahun ketujuh pelaksanaan ITdBI ini nantinya akan menempuh 4 etape dengan rute sepanjang 599 kilometer.
Pesertanya, diikuti oleh 20 tim continental yang berasal dari 22 negara antara lain dari New Zealand, Australia, Malaysia, Thailand, Afrika Selatan, Eritria, Yunani dan Belgia. Juga ada dari Prancis, Inggris, Jerman, Colombia, Spanyol, Jepang, Belanda, China, dan Slovenia.
Reporter : Fattahur

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *