Tempat Pendidikan Pasraman Purwa Dharma 6 Sambirejo Dirusak Orang

  • Whatsapp
pendidikan anak umat hindu
ft. Istimewa

KabarRakyat.ID – Tempat pendidikan anak umat Hindu non formal, Pasraman Purwa Dharma 6 di Dusun Sambirejo, Desa Sambimulyo, Kecamatan Bangorejo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, diduga dirusak orang tidak dikenal. Lima kitab suci Hindu dan sejumlah buku pelajara dirusak. Bahkan bangku dan papan tulis dicoret dengan kapur.

Dihubungi wartawan, Kepala Pasraman Gatot Witoyo mengatakan aksi ini sudah kali ke lima dilakukan. Terakhir, aksi ini dilakukan seminggu yang lalu. Diduga seseorang masuk melalui jendela dan kemudian merusak beberapa kitab suci dan mencoret-coret bangku dan papan tulis dengan gambar yang hampir tak senonoh.

“Satu orang yang masuk kayaknya. Kira-kira Rabu malam (29/1/2020),” kata Gatot pada wartawan via ponsel, Selasa (4/2/2020).

Puluhan anak, belajar keagamaan Hindu melalui kitab, buku, dan kesenian setiap hari Minggu. Di dalam bangunan terdapat sejumlah meja kayu, kursi plastik, papan tulis warna hitam, rak dan perlengkapan pengeras suara.

“Ada kitab-kitab yang rusak Diantaranya Atharwaweda, Pancaweda, dan Bhagawad Gita, serta buku. Dari kerusakan ini menimbulkan kerugian,” pungkasnya.

Pasraman Purwa Dharma 6 adalah lembaga pendidikan anak umat Hindu non formal di bawah Yayasan Puwa Dharma, yang berkedudukan di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi.

Aksi perusakan itu, belum dilaporkan ke aparat Kepolisian. Mengapa? Ditambahkan Kepala Pasraman Gatot Witoyo mengatakan pihaknya masih belum melaporkan pengerusakan 5 kitab suci Hindu dan sejumlah buku pelajaran agama Hindu itu. Tidak ada barang yang hilang ataupun dicuri oleh pelaku. Pihaknya masih mempertimbangkan pelaporan pengerusakan tersebut ke aparat kepolisian.

“Ya kita masih mempertimbangkan. Karena tidak ada yang hilang. Masih rusak. Dan saya masih mikir apakah ini ulah anak-anak,” ujarnya kepada detikcom, Selasa (4/2/2020).

Reporter: VN/Choi

Editor: Richard

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *