Tentukan Lebaran, Kemenag Pantau Hilal di Kalbut

108 views

Alat teropong pantau hilal di Pantai Kalbut

KABARRAKYAT.ID – Tim Badan Hisab dan Rukyat (BHR), dari Kementerian agama se-Karesidenan Besuki, berkumpul di Pelabuhan Kalbut Desa Semiring Kecamatan Mangaran Situbondo. Agendanya, hari ini, Kamis (14/6/2018), melakukan pantauan pengamatan penentuan Idul Fitri 1439 Hijriyah,.

Masing-masing kabupaten, seperti Situbondo, Jember, Bondowoso,   mengirimkan tim hisab dan rukyat. Mereka terlihat menyiapkan semua peralatannya seperti, teropong, kamera, GPS untuk keperluan itu.

Beberapa petuga sesuai keahliannya telah memasang berbagai alat, dan akan dijadwalkan akan melakukan tugasnya pada sore, pukul 15.00 WIB. Tidak hanya tim saja, sejumlah mahasiswa sejumlah perguruan tinggi ikut dalam pemantauan penetapan idul fitri tahun ini.

Baca juga : Bupati dan Kapolres Pantau Jalur Mudik Lebaran

Menurut petugas hilal salah satu kabupaten, cuaca yang terlihat cerah, dibanding beberapa tahun lalu, saat pemantauan dilakukan baik penentuan awal puasa maupun idul fitri, 1438 Hijriah, tahun lalu, hilal tak tampak.

“Berharap hari ini cuaca sangat cerah, dapat melihat hilal,” jelas petugas yang enggan disebut identitasnya, Kamis (14/6/2018).

Tahun ini, beberapa kabupaten seperti Banyuwangi, telah menentukan lokasi pemantaun hilal, di kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Gumuk Klasi, Gendoh.

Sementara  pemantauan oleh tim BHR, akan dilakukan nanti pukul 15;00;wib, dan, baru diketahui hilal akan terlihat ataupun tidak, akan disampaikan pukul 17;00, WIB.

Reporter : Yons

Editor : Coi/Choiri

Banner PDI







Loading...

#Lebaran #Pelabuhan Kalbut #Tim Hilal

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply