Terdakwa ‘Curas’ Icang Divonis Sesuai Tuntutan JPU 15 Tahun Penjara

  • Whatsapp
Ibu Gadis Riskia Hadiri Sidang Putusan Icang

KabarRakyat.ID – Majelis Hakim Pengadilan Negeri Banyuwangi menjatuhkan hukuman 15 tahun kurungan kepada Achmad Choirul alias Icang, terdakwa kasus pencurian dengan kekerasan yang menewaskan tetangganya, Gadis Riskia (23) Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi.

Dengan raut wajah yang lusuh, terdakwa Icang hanya bisa tertunduk lesu di kursi pesakitan saat mendengarkan putusan yang dibacakan Majelis Hakim.

Read More

Dalam amar putusannya, Ketua Majelis Hakim Luluk Winarko menilai perbuatan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana pencurian dengan kekerasan yang mengakibatkan matinya orang sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 365 sesuai dalam dakwaan penuntut umum.

“Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Achmad Choirul alias Icang dengan pidana penjara selama 15 tahun penjara,” demikian Luluk Winarko membacakan amar putusannya di Ruang Garuda Pengadilan Negeri Banyuwangi, Selasa (4/2/2020).

Vonis yang dijatuhkan Majelis Hakim tersebut tidak jauh berbeda dengan tuntutan yang dimohonkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Ketut Gde Dame Negara yang menuntut terdakwa dengan dakwaan Pasal 365 ayat (1) ke 1 dan 2 dan ayat (3) KUHP tentang pencurian dengan kekerasan yang menyebabkan kematian, dengan tuntutan 15 tahun.

Selama sidang berlansung hingga persidangan usai, Rita Sahara, ibu korban yang hadir dalam sidang putusan tersebut menangis terus menerus seakan tidak puas dengan vonis yang dijatuhkan terhadap pembunuh anaknya itu.

Sementara paman korban, Hajar Ismail mengaku pasrah dengan putusan yang telah dibacakan Majelia Hakim. Karena bagiamanapun, menurutnya, harus menerima keputusan pengadil.

“Ya memang sebenarnya kami kurang puas, kalau bisa dihukum mati. Tapi ya mau bagaimana lagi, kita harus menghormati proses hukum maupun putusan hakim,” ujarnya.

Reporter : Fattahur

Editor : Richard

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *