Saturday, August 15, 2020
Home NASIONAL PERTAHANAN Ternyata Begini Cara Pasang Gorong-Gorong untuk Saptictank

Ternyata Begini Cara Pasang Gorong-Gorong untuk Saptictank

KABAR RAKYAT – Pembangunan MCK milik Wiji dalam pelaksanaan program TMMD 108 Tahun Anggaran 2020 di Desa Ngepoh, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung ini, baik anggota satgas TMMD maupun warga desa bahu membahu untuk memasang gotong-gorong yang akan digunakan untuk saptictank.

Pemasangan tersebut sebelumnya tanah dilubangi dengan ukuran 2 atau 3 meter kedalamannya dengan agak longgar melubanginya agar gorong-gorong dapat masuk ke dalam tanah. Kemudian setelah gorong-gorong masuk, di setiap gorong-gorong diplaster dengan semen agar air nanti tidak keluar gorong-gorong.

Perlu diketahui juga, pembuatan lubang Saptictank ini agar lebih awet dan tahan lama jika dipergunakan harus ada dua lubang sehingga yang satu buat tempat kotoran dan satunya lagi untuk resapan.

“Ya memang benar. Kita membuat lubang ini dua agar nanti jumlah saptictanknya yang satu untuk tempat pembuangan dan yang satu untuk peresapan sehingga akan awet nantinya tidak nyedot-nyedot terus,” kata Kopda Yudi, Selasa (21/7/20).

Lanjutnya, ia juga berharap pemasangan saptictank ini dapat segera selesai dan tinggal pemasangan pipa, sehingga yang punya rumah dapat segera menggunakan WC tersebut dengan standar kesehatan yang memadai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER