Sunday, September 27, 2020
Home JATIM BANYUWANGI Tiga Gelandangan ODGJ Hidup di Kolong Jembatan Purwoharjo Belum Diurus Negara

Tiga Gelandangan ODGJ Hidup di Kolong Jembatan Purwoharjo Belum Diurus Negara

REPORTERJaenudin
- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Tiga orang tanpa identitas sudah lama tinggal di kolong jembatan Kecamatan Purwoharjo, Banyuwangi. Jembatan terletak di perbatasan dua desa Kradenan dan Purwoharjo. Tidak banyak yang tahu mereka bertahan hidup di kolong jembatanan, apalagi musim banjir tiba.

Warga baru perhatian, disaat keprihatinan di masa pandemi COVID-19. Dan baru tahu ketiganya adalah orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Menurut warga sekitar, tiga orang tak jelas asal usulnya ini, sudah lama tinggal di kolong jembatan. Jangankan warga, pemerintah desa, kecamatan dan Satpol PP tidak tahu tentang tiga ODGJ ini.

Baca: Gerombolan Punk di Lampu Merah Jajag Dirazia Satpol PP

Murhayati, 47, warga Desa/Kecamatan Purwoharjo mengatakan ketiga ODGJ itu sepertinya sudah menganggap kolong jembatan adalah rumahnya.

“Jika lapar, mereka pergi ke pasar untuk mencari makanan di pasar. Seadanya yang bisa dimakan. Tapi tetap bagi sebagai orang meresahkan karena kesehatan mereka tidak ada yang mengurus,” ungkapnya.

Warga khawatir jika keberadaan para ODGJ itu dibiarkan maka akan mengganggu kenyaman. “Sebaiknya dievakuasi saja dan jagan dibiarkan seperti itu di kolong jembatan jadi terkesan kumuh,” ungkapnya.

Baca: Akses Puluhan Gua Dalam Hutan Alaspurwo Ditutup, Bila Berwisata Silahkan

Sementara itu, Camat Purwoharjo, Ahmad Laini dikonfirmasi mengatakan belum mendapatkan laporan warga akan adanya ODGJ yang menempati kolong jembatan itu.

Pihaknya mengakui tidak pernah mengetahui adanya ODGJ di kolong jembatan batas desa Kradenan dan Purwoharjo. “Kami juga tidak tahu ada ODGJ yang menempati kolong jemebatan tersebut,” terangnya.

Upaya tindakan, Pemerintah Kecamatan Purwoharjo akan bersama dengan tiga pila mengamankan ODGJ tersebut. “Untuk selanjutnya laporan akan ditindaklanjuti kepala desa, Bhabinsa, Babinkamtibmas dan Satpol PP kecamatan,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER