Jumat, November 27, 2020
Beranda DESTINASI Tim ASIDEWI Melatih Keterampilan SDM Kepariwisataan di Rejang Lebong

Tim ASIDEWI Melatih Keterampilan SDM Kepariwisataan di Rejang Lebong

REPORTERYusuf S

KABAR RAKYAT – Tim Ekspedisi ASIDEWI Bumi Rafflesia memperluan jaringan dengan meningkatkan keterampilan SDM kepariwisataan. Seiring potensi pariwisata di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu adalah sektor yang menjanjikan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi masuk era kenormalan baru.

Dalam Lawatan kali ini, Ketua Tim Ekspedisi ASIDEWI Bumi Rafflesia, Andi Yuwono dalam keterangan tertulisnya mengatakan kegiatan itu mereka laksanakan sebagai tanggung jawab sosial dengan pendekatan yang berorientasi pembangunan berkelanjutan melalui desa wisata berbasis Community Based Tourism (CBT).

“Untuk kegiatan di Kabupaten Rejang Lebong ini telah dilaksanakan pelatihan SDM kepariwisataan di tiga desa. Yakni Desa Sentral Baru, Kecamatan Bermani Ulu, dan Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi dan satu lagi Desa Air Bening, Kecamatan Bermani Ulu,” kata dia.

Baca : 20 Orang Disabilitas Dilatih Keterampilan Dinsos

Ia menjelaskan , pelatihan dan peningkatan SDM di desa wisata ini mereka kemas dalam Ekspedisi ASIDEWI Bumi Rafflesia yang dilaksanakan antara tanggal 28-29 Oktober 2020 mendatang di Desa Rindu Hati, Kecamatan Taba Penanjung, Kabupaten Bengkulu Tengah.

Kabupaten Rejang Lebong

Kemudian secara estavet pada, 30 Oktober 2020, di Desa Sentral Baru Kecamatan Bermani Ulu Kabupaten Rejang Lebong. Berikutnya adalah dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober – 1 November di Desa Belitar Seberang, Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong.

Setelah itu, mereka berkegiatan kembali pada 2 November melakukan pelantikan pengurus ASIDEWI Bengkulu di Pemprov Bengkulu. Keesokan harinya, Selasa (3/11), kembali melakukan pelatihan di Desa Air Bening, Kecamatan Bermani Ulu, Kabupaten Rejang Lebong.

Baca : Bawaslu Banyuwangi Bantah Anggotanya Tidak Netral

Telah dilaksanakan kegiatan, sekira tanggal 4-6 November 2020 melakukan perjalanan dan pelatihan di Desa Sebelat Ulu, Kecamatan Pinang Belapis, Kabupaten Lebong.

Dalam kegiatan bertajuk Ekspedisi ASIDEWI Bumi Rafflesia tersebut, kata Andi Yuwono, melibatkan delapan orang yang dilaksanakan sejak 21 Oktober hingga 14 November mendatang.

Di mana mereka, kata Andi Yuwono, mulai dari Desa Koripan, Kecamatan Bungkal, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Dilanjutkan kunjungan ke Desa Petukangan, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Baca : Kini Warga Bisa Berwisata di Dam Singir Blambangan

Penandatanganan MoU dengan Livein dan serta kunjungan ke Kampung Anggur di Kota Tangerang. Seterusnya menuju Taman Nasional Way Kambas, Lampung. Kunjungan ke rumah baca Akar Pelangi, Desa Labuan Ratu 9, Kabupaten Way Kanan, Lampung.

Kabupaten Rejang Lebong

Selanjutnya rombongan ini melakukan pelatihan dan peningkatan SDM serta pemetaan potensi, pembentukan kelembagaan, perencanaan paket wisata di lima desa yang ada di Provinsi Bengkulu, sebelum menuju ke Kabupaten OKU Selatan, Sumsel dan ke Kabupaten Pasawaran dan finish di Kabupaten Kuningan.

Dia berharap kegiatan yang dilaksanakan itu bisa memberikan manfaat kepada masyarakat luas melalui kegiatan wisata berbasis mad syarakat.

Baca : Koalisi Perempuan Tanggapi Serius Pelecehan Gender Terkait Spanduk Black Campaign

“Semoga bermanfaat bagi masyarakat dan seluruh pelaku wisata di Tanah Air dalam upaya mengembangkan potensi desa di tengah pandemi COVID-19, dengan melibatkan berbagai unsur seperti akademisi, pengusaha, masyarakat atau komunitas, pemerintah dan media” Pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca