Tim Pengendali Inflasi Daerah Sidak Harga Sembako di Pasar

  • Whatsapp

KABAR RAKYAT – Tim Pengendali Inflasi Daerah Kota Kediri menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke pasar tradisional Kota Kediri, Selasa (22/12/2020).

Selain periksa harga komoditi sembako, Tim juga memeriksa harga daging. Sidak ini untuk pastikan stok bahan pangan aman jelang natal dan tahun baru.

Bacaan Lainnya

Tim pengendali inflasi daerah Kota Kediri terdiri dari Bank Indonesia, Disperdagin, Dinkes, Bulog gelar inspeksi mendadak di pasar tradisional Setono Betek Kota Kediri.

Tim langsung memeriksa stok sembilan bahan pokok, mengecek dan mendata harga kebutuhan pokok seperti sayuran, daging ayam, sapi serta sembako.

Tanto Wijohari Kepala Disperdagin Kota Kediri mengatakan, kegiatan ini untuk menekan kenaikan harga sembako jelang Natal dan Tahun Baru. Ditemukan beberapa harga pangan yang  sempat mengalami kenaikan pada sepekan kemarin.

“Ada sembako khususnya sayuran yang naik. Karena situasi dan kondisi bulan Desember terbiasa ada kenaikan dan penurunan. Namun secara umum harga pangan terkendali,” ujar Tanto Jauhari, Kadis Disperdagin Kota Kediri.

Sementara salah-satu pedagang sembako Tyasiful Mustaminah mengaku, harga sayur-mayur naik sejak beberapa hari lalu.

Yang drastis naik harga cabe besar dan cabe keriting. Penyebabnya sekarang lagi musim penghujan dan banyak wilayah yang dilanda banjir.

“Untuk cabe besar dari harga 50.000 naik menjadi 60. Telor dari 25.000 jadi 28.000. Kubis dari 4000 sekarang naik jadi 14.000. Bawang putih 23.000 jadi 25.000. Tomat dari 10.000 jadi 15.000, wortel dari 10.000 jadi 12.000, dan kentang dari 10.000 jadi 14.000.”kata Tasyiful Mustaminah, pedagang sembako di Pasar tradisional Segini Betek.

Harga sembako yang harga stabil karena sebelumnya Disperdagin telah melakukan operasi pasar murni dengan menjual komoditas dengan harga murah dibawah harga pasar, seperti beras, telur, minyak serta gula.***

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *