Tim SAR Kerahkan Empat SRU Untuk Mencari Suwali

  • Whatsapp

KabarRakyat.ID – Tim SAR gabungan mengerahkan empat SRU (Search and Rescue Unit) untuk mencari keberadaan Hor Suwali (62) di perairan laut utara Besuki, kabupaten Situbondo, pada Rabu (21/8).

Read More

“Empat SRU ini terdiri dari tiga SRU yang melakukan pencarian di laut, dan satu SRU yang melakukan penyisiran di darat,” ujar Asnawi Suroso, Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan (SAR) Jember saat dihubungi melalui telephon.

Asnawi menambahkan, tiga SRU laut yang dikerahkan tim SAR gabungan melakukan penyisiran di tiga sektor yang berbeda. Sektor pencarian di laut ini ditentukan melalui SAR Map yang dibuat oleh staf SMC (SAR Mission Coordinator).

SRU laut pertama melakukan penyisiran di sektor satu dengan luas daerah penyisiran sekitar 7,78 Mil Laut. SRU laut kedua melakukan penyisiran di sektor dua dengan luas daerah penyisiran sekitar 2,74 Mil Laut. SRU laut ketiga melakukan penyisiran di sektor tiga dengan luas daerah penyisiran sekitar 2,79 Mil Laut.

Di saat yang bersamaan, satu SRU darat melakukan penyisiran di sepanjang pesisir pantai Besuki dari titik A di koordinat 07⁰ 44′ 10.30″ S 113⁰ 40′ 06.37″ E menuju ke titik B di koordinat 07⁰ 43′ 31.51″ S 113⁰ 43′ 54.90″ E, dengan jarak tempuh sekitar delapan kilometer.

“Di sela penyisiran darat ini, personel SRU darat menyebarluaskan informasi kejadian tenggelamnya korban kepada warga dan nelayan yang beraktivitas di sepanjang pantai Besuki,” ujar Asnawi.

Penyebarluasan informasi ini dimaksudkan agar apabila ada warga atau nelayan yang mengetahui keberadaan korban, maka diharapkan untuk segera melaporkannya kepada petugas.

Upaya pencarian keberadaan korban ini melibatkan peran serta unsur SAR gabungan, diantaranya tim operasi Pos SAR Jember, BPBD kabupaten Situbondo, Koramil Besuki, Polsek Besuki, SAR OPA Jember, Satpolair Situbondo, TAGANA Situbondo dan warga sekitar

Menurut informasi yang diperoleh dari pelapor, tidak diketahui secara detail kronologi kejadian tenggelamnya korban. Namun, informasi yang Ia tangkap dari keluarga korban mengatakan,kejadian tenggelamnya korban ini berawal saat Ia hendak memindahkan perahunya ke tepi pantai Besuki, pada Senin (19/8) sekitar pukul 18.30 WIB.

Hingga berita ini dikabarkan, tim SAR gabungan masih berupaya melakukan pencarian di laut dan di darat untuk menemukan korban.

Reporter: Lib/Yons

Editor: Choiri



Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *