Tingkatkan Layanan Masyarakat, Pemkab Blitar Segera Luncurkan Layanan Darurat Call Center 112

  • Whatsapp

KabarRakyat.ID – Pemerintah Kabupaten Blitar, Jawa Timur melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) terus melakukan transformasi guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Rencananya pada bulan Maret mendatang, Pemkab Blitar akan meluncurkan program layanan darurat melalui call center 112.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Blitar Totok Subihandono mengatakan pembenahan layanan masyarakat kedepan kian ditingkatkan di Lingkungan Pemkab Blitar, terutama perubahan metode layanan yang cenderung berbelit – belit akan di jadikan mudah dan cepat.

Ia menjelaskan dasar regulasi layanan nomor panggilan darurat 112 yang akan diterapkan di Kabupaten Blitar, mengacu pada Peraturan Menteri Kominfo No 10 Tahun 2016 tentang layanan nomor panggilan darurat 112.

Menurut Totok, layanan call center 112 nantinya hanya dikhususkan menangani keadaan darurat jadi masyarakat diminta untuk memperhatikan dan memahami mekanismenya.

“Karena sifatnya darurat maka panggilan ini diperuntukkan seperti mengalami musibah kebakaran, kecelakaan, kerusuhan bencana alam, penanganan masalah kesehatan, gangguan keamanan dan ketertiban, jadi intinya yang berbau darurat saja”. Ujar Totok.

Lebih lanjut, dikatakan Totok mengenai layanan call center Blitar siap 112 atau sistem aplikasi layanan cepat dan tepat di Kabupaten Blitar merupakan bentuk implementasi dari penerapan Smart City dimana Kabupaten pintar harus bisa memberikan pelayanan ekstra kepada masyarakat.

Totok berharap, Keberadaan Blitar siap 112 bisa berkolaborasi dengan call center lainnya. Diantaranya, 110 untuk kepolisian, 113 damkar, 115 basarnas, 118 ambulan dan 119 kesehatan.

Reporter : Arif/ Rik

Editor : Setiawan

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *