Saturday, October 31, 2020
Home EKONOMI Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online untuk Modal Kerja

Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online untuk Modal Kerja

- Advertisement -

KABAR RAKYAT – Maraknya pandemi covid-19 seperti yang saat ini tengah melanda dunia, termasuk juga Indonesia menjadi salah satu faktor lumpuhnya kegiatan ekonomi. Tidak jarang juga, banyak usaha yang terpaksa bangkrut karena tidak balik modal. Munculnya situs pinjaman online, bisa menjadi salah satu alternatif untuk modal kerja maupun usaha Anda.

Kenali 5 Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online Berikut Ini

  1. Download Terlebih Dahulu Aplikasinya

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengajukan pinjaman dana melalui situs online adalah dengan men-download terlebih dahulu situs yang menawarkan pinjaman online sesuai kebutuhan Anda. Salah satu situs pinjaman dana online tanpa jaminan yang aman dan terpercaya adalah Tunaiku.

Untuk itu, Anda bisa langsung mengunduhnya melalui Google Play Store. Sama halnya dengan aplikasi pada biasanya, setelah mendownload aplikasi penyedia layanan pinjaman online ini, Anda bisa terlebih dahulu melakukan registrasi dan mengisi sandi akun Anda. Sebelum nantinya lebih lanjut diterangkan mengenai jumlah plafon dan tenor yang ditawarkan.

  1. Pastikan Terdaftar di OJK

Salah satu tips penting yang tidak bisa Anda sepelekan adalah pastikan bahwa aplikasi penyedia pinjaman online yang ingin Anda pinjam dananya  merupakan situs aman dan terpercaya, dengan kelegalannya terdaftar di OJK.

OJK sendiri merupakan kependekan dari Otoritas Jasa Keuangan. Sebuah lembaga yang akan memantau semua transaksi yang dilakukan oleh sebuah fintech online. Jika Aplikasi pinjam dana yang Anda instal sudah bekerja sama dengan OJK, itu tandanya aplikasi tersebut aman. Untuk melihat apakah terdaftar atau tidak, Anda bisa melihat di situs resminya.

  1. Hitung Terlebih Dulu Bunga Pinjaman Pribadi

Perlu Anda ketahui, bahwa pinjaman online mempunyai sistematika yang berbeda dengan kredit bank pada umumnya. Perbedaan ini terletak pada tenor harian yang ditawarkan oleh pinjaman online. Dalam hal ini, nasabah tidak perlu mengajukan selama 30 hari, tetapi bisa harian, misalnya 15 hari pinjaman.

Dengan menetapkan masa pinjaman harian ini, maka nasabah perlu memperhatikan cara perhitungan bunga yang tepat. Ada dua cara yang bisa digunakan yaitu bunga flat dengan kewajiban yang dihitung berdasarkan pokok pinjaman, misalnya nasabah mengajukan pinjaman 1 juta selama 30 hari dengan bunga 0,5% per hari maka bunga flatnya adalah (0,5% x 30=15%) x 1 juta menjadi 150 ribu.

Sedangkan bunga yang kedua adalah bunga berbunga (compounding) dimana kewajiban dihitung berdasarkan pokok pinjaman dan bunga pinjaman. Misalnya seorang nasabah meminjam 1 juta selama 30 hari dengan 0,5% bunga per hari. Maka bunga compoundingnya adalah (0,5% 2x30x1 juta) menjadi 161 ribu. Anda bisa melihat perhitungan bunga ini saat mengajukan pinjaman dana di suatu fintech.

  1. Fintech Transparan Akan Perhitungan

Tips selanjutnya yang bisa Anda timbang sebelum memutuskan untuk meminjam dana di sebuah aplikasi penyedia pinjaman online adalah pastikan jika perusahaan fintech tersebut transparan soal perhitungan dan sistematika pembayarannya. Hal ini akan terjadi keterbukaan antara kedua belah pihak, sehingga Anda juga tidak akan dirugikan di kemudian hari.

  1. Produk Sesuai Kebutuhan

Tips terakhir yang harus Anda perhitungkan sebelum memutuskan untuk mengkonfirmasi jumlah pinjaman dana adalah, pastikan jika uang tersebut benar-benar untuk kebutuhan. Jangan sampai Anda meminjam dana dengan jumlah berlebih dan bingung harus bagaimana ketika membayarnya nanti.

Pasalnya, pinjaman dana online juga memiliki tenor alias masa pengembalian uang. Jika Anda terlambat mengembalikan uang ini, maka bisa dipastikan bunga yang Anda peroleh akan mengalami pembengkakan.

Itulah lima tips memilih aplikasi pinjaman online untuk modal kerja yang bisa membantu menjadi bahan rujukan Anda. Agar tidak salah memilih aplikasi untuk meminjam dana, Anda bisa memilih aplikasi pinjaman online cepat cair Tunaiku. Aplikasi ini menawarkan limit pinjaman dana hingga 20 juta rupiah dengan masa tenor selama 20 bulan.

Selain itu, keamanan dari aplikasi ini juga telah terjamin karena telah terdaftar secara resmi di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Para peminjam juga tidak akan kesulitan untuk memenuhi persyaratan pinjaman di Tunaiku karena syarat yang diminta juga sangat mudah dan tanpa perlu menyertakan jaminan apapun.

 

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca