Toga Sumur Kuno Menarik Perhatian Museum Dan Purbakala Kabupaten Kediri

  • Whatsapp
Tim purbakala Kabupaten Kediri. Foto. Istimewa

KABAR RAKYAT – Warga Desa Toyoresmi Kecamatan Ngasem Kabupaten Kediri dikejutkan dengan penemuan toga sumur kuno di aliran sungai desa setempat.

Sumur-sumur tersebut dindingnya dari bahan tanah liat yang menyerupai tembikar dan diketemukan oleh warga yang mencari ikan.

Read More

Salah-satu warga yang menemukan sumur Eko Budi mengaku, awalnya ia dan beberapa temannya memancing ikan di sungai tersebut.

Namun ia curiga karena ada tempat mirip sumber air tapi kecil. Karena penasaran ia dan teman-temannya melakukan penggalian hingga menemukan dasar sumur sedalam 170 sentimeter.

“Dari dasar sumur kita temukan tulang belulang, potongan gerabah serta serpihan emas. Dan total ada tiga sumur kuno yang lokasinya tidak terlalu jauh,” kata Eko Budi, warga setempat.

Atas temuan tersebut, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kediri melakukan peninjauan.

Menurut Eko Priatno, Kasi Museum Dan Purbakala Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Kediri mengatakan, sumur tersebut diperkirakan peninggalan era majapahit di abad ke 12 hingga 15. Benda tersebut merupakan tempat penyimpanan air atau disebut jombong sumur.

Sumur berdiamter 70 sentimeter yang dibuat dari tembikar atau tanah liat yang dibakar itu untuk mengantisipasi jika air sungai mengering di musim kemarau.

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *