Uang Anggota KUD Tri Jaya Tak Ada Kepastian Dibayar

101 views
banner 468x60)
KUD Tri Jaya Sraten pailit (2)

Foto: Anggota KUD Tri Jaya melakukan dialog dengan pihak pengurus di Kantor Pemerintah Desa Sraten.

Musyawarah Ribuan Anggota Koperasi di Balai Desa Sraten

KABARRAKYAT.ID – Uang tabungan  anggota Koperasi Unit Desa (KUD) Tri Jaya, Desa Sraten Kecamatan Cluring, Banyuwangi, tak ada kepastian kapan akan dibayarkan oleh pihak pengurus koperasi yang sudah menunjuk kuasa hukum.

Itu terlihat dari dialog bersama ribuan anggota KUD Tri Jaya, managemen, kuasa hukum dan dari Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Banyuwangi, Alif Rachman Kartiono yang hadir dalam pertemuan yang digagas Kepala Desa Sraten, Cluring H. A. Rahman Mulyadi di Balai Desa Sraten didampingi Kapolsek Cluring dan Danramil Cluring, Kamis (16/5/2019) 08.30 WIB hingga selesai.

Pihak pengelola atau managemen menegaskan bahwa kondisi KUD Tri Jaya dalam situasi sulit keuangan. Dalam kiprahnya KUD Tri Jaya memiliki beberapa unit usaha, dianatranya; Koperasi Simpan Pinjam (KSP), Swalayan dan Toko Penyedia Alat Kebutuhan Pertanian. Namun belum ada kepastian penyebabnya apa hingga kondisi KUD itu kesulitan keuangan dan terindikasi pailit.

KUD Tri Jaya Sraten pailit (1)

Foto: Kepala Desa, Kapolsek, Danramil Cluring, Kuasa Hukum KUD Tri Jaya dalam dialog Balai Desa Sraten.

Dalam pertemuan itu, tidak ada solusi yang berarti, selain janji akan membayar setelah aset terjual dan uang yang dipinjam anggota ataupun KSP lainnya terbayar. Sehingga ironis, dan anggota KUD tersebut nyaris meluapkan amarahnya. Tetapi para pengurus koperasi itu berjanji akan segera menuntaskan permasalahan keuangan agar bisa membayarnya.

Seorang anggota KUD Tri Jaya, bernama Yulis Siswo Wardoyo warga Dusun Krajan  RT 7 RW 3 Desa Sraten, Kecamatan, menceritakan uang miliknya yang diamanahkan ke KUD Tri Jaya mencapai kurang lebih angka Rp 300  juta. Uang itu selain berasal dari uang pribadinya, juga uang tabungan  hari raya.

“Ya rencananya mau diambil hari raya ini. Ketika diambil janji terus sampai saat ini,” keluhnya.

KUD Tri Jaya Sraten pailit (3)

Foto: Anggota KUD Tri Jaya melakukan dialog dengan pihak pengurus di Kantor Pemerintah Desa Sraten.

Telah diberitakan, Drs. H Rahman Mulyadi  Kepala Desa Sraten, Kecamatan Cluring, Banyuwangi prihatin dan terpaksa angkat bicara. Setelah mendengar banyak anggota KUD Tri Jaya tidak bisa mengambil uang tabungannya.

“Selama ini pihak KUD sulit di temui oleh masyarakat. Yang saya tahu, persoalan KUD itu sudah diserahkan penuh sama pengacara yang menangani uang milik anggota KUD Tri Jaya. Jadi yang tahu banyak pengacara terkait tanggungjawab pengembalian uang nasabah,” kata H. Rahman ditemui, Kamis (9/5/2019).

Kapala Desa Sraten itu, juga mendengar aset milik KUD itu sudah di jual. Tapi sebaiknya para anggota KUD Tri Jaya saling koordinasi satu dengan lainnya. Agar ada kepastian, bagaimana tehnis pengembaliannya.

Reporter: Jaenudin

Editor: Choiri

banner 468x60)

#anggota koperasi #anggota kud tri jaya sraten #Banyuwangi #koperasi pailit #musyawarah

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply