Ulat Bulu ‘Gatal’ Serang Rumah Penduduk Blokagung

209 views
banner 468x60)

banner 468x60)
Ulat Bulu serang rumah penduduk Blokagung

Foto: SEMPROT HAMA. Ulat Bulu serang rumah penduduk di Dusun Blokagung, Banyuwangi. (Jaenudin)

KABARRAKYAT.ID – Binatang Ulat Bulu berdampak gatal pada kulit manusia, menyerang rumah penduduk di Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi.

Untuk mengatasi Ulat bulu itu, warga memilih diam dirumahnya menutup pintu dan jendela rumah. Pasalnya, khawatir gatal dikulit. Yang jadi keprihatinan warga, populasi pertumbuhan ulat bulu tersebut sangat cepat.

“Ulat bulu ini mulai banyak terlihat di pohon sejak H-5 Lebaran, lalu,” ucap Erik Kurniawan (35), warga Dusun Blokagung, RT 4, RW1, Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari ditemui kabarrakyat.id, Selasa (11/6/2019).

Pengalaman Erik, ulat bulu itu awalnya hanya ada di pohon-pohonan belakang kebun rumah warga. Seiring itu, ulat bulu itupun masuk kedalam rumah penduduk.

“Beberapa warga sempat geli dan ada pula yang takut, hingga warga berlarian ke luar rumah,” jelasnya.

Fenomena Ulat Bulu itu, menurut sebagian warga Dusun Blokagung, Desa Karangdoro biasa dikenal ulat cokelat atau ulat jati. Memiliki panjang hingga lima centimeter.

“Bulu-bulu ulat itu, jika terkena kulit manusia gatal dan terasa panas dikulit,” ungkapnya.

Untuk memutus mata rantai populasi ulat bulu itu, kata Katmini (45), warga membersihkan dengan sapu atau menyemprotkan obat pembasmi hama.

Tidak sedikit, warga membersihkan dengan menggunakan air detergen dicampur bahan bakar minyak (BBM).

“Saat saya bangun tidur, ruang tamu sudah penuh ulat bulu. Ada yang bergerak di dinding, di meja, bahkan berjalan-jalan di plafon seperti iring-iringan semut,” ujar Katmini.

Terpisah, Kasi Pemberdayan masyarakat Desa (PMD) Kecamatan Tegalsari, Edi S mengatakan apa yang di keluhkan masyarakat itu juga menyebar kedaerah lainnya. Pihak Forpimka Tegalsari dan juga Petugas BPBD Banyuwangi  melakukan penyembrotan ke pohon dan juga  ke rumah warga yang terdampak ulat bulu.

Reporter: Jaenudin

Editor: Choiri

banner 468x60)

#Banyuwangi #blokagung tegalsari #ulat bulu

Author: 
    author

    Related Post

    banner 468x60)

    Leave a reply