UMKM Songgon Banyuwangi Sudah Berbasis Digital

  • Whatsapp

Wabup Sugirah: Bangkit dari Keterpurukan Ekonomi

KABAR RAKYAT – Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi kini berinovasi menggunakan digitalisasi. Mulai marketing hingga transaksi juga sudah serba digital.

Wakil Bupati Banyuwangi, Sugirah saat melaukan peninjauan bazar UMKM Songgon yang berlangsung di halaman kecamatan setempat, Sabtu (27/3/2021) turut bangga dengan inovasi digital yang dilakukan para pelaku UMKM Songgon.

Bacaan Lainnya

“Tadi semua transaksi sudah menggunakan digital. Sehingga tidak ada satupun keuangan yang tidak transparan. Manajemen inilah seperti yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar dan UMKM Songgon sudah melakukan,” ucap Wabup Sugirah.

Menurutnya, UMKM adalah salah satu pondasi dari pembangunan daerah untuk memulihkan kondisi ekonomi kerakyatan. Apalagi UMKM di Kecamatan Songgon sudah melakukan digitalisasi yang dapat menjaring pasar lebih luas lagi.

“Kita sangat yakin dengan inovasi UMKM ini, kita segera bangkit dari keterpurukan ekonomi,” ungkap Sugirah.

Selain UMKM, Sugirah juga mengapresiasi langkah kelompok pelaku wisata Songgon yang sudah melakukan trobosan baru dengan meluncurkan Tourist Information Centre (TIC).

Dengan adanya TIC ini, kata dia, bisa memberikan informasi secara jelas dan valid terhadap turis baik dari dalam maupun luar negeri yang berkunjung ke Songgon.

“Tidak hanya di Songgon saja tetapi di seluruh Kabupaten Banyuwangi. Sehingga dengan demikian banyak turis yang datang dengan senang dan merasa nyaman. Ketika sudah nyaman maka para turis lebih lama tinggal di Banyuwangi dan mereka akan memberikan pembelanjaan uangnya untuk Banyuwangi,” papar Sugirah.

Masih Sugirah, jika hal ini terjadi maka Banyuwangi segera pulih dari keterpurukan ekonomi akibat dampak pandemi Covid-19 dan menuju Banyuwangi yang sejahtera.

Selain itu, Wabup Sugirah juga memaparkan jika potensi di Kecamatan Songgon ini memiliki daya tarik tersendiri. Selain UMKM yang beragam juga kaya akan wisata alam yang memukau.

“Karena sumber daya alam yang dimiliki Songgon sangat luar biasa. Maka yang pertama adalah pembangunan manusianya. Pembangunan SDM unggul ini yang bisa mengelola manajemen UMKM dengan baik dan disatukan dengan menggali potensi alam yang bisa diaktualisasikan dengan sumber daya manusia yang unggul ini. Maka selesailah Songgo kedepan menjadi Songgon yang maju,” pesan Sugirah.*

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *