Kamis, November 26, 2020
Beranda DESTINASI UMKM Tanjung Berinovasi Berdayakan Masyarakat Wisata Sumber Gundi

UMKM Tanjung Berinovasi Berdayakan Masyarakat Wisata Sumber Gundi

REPORTERMuajijin

KABAR RAKYAT – Peduli kesejahteraan warga desa, Kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Desa Tanjung berinofasi peningkatan ekonomi, dengan pemberdayaan masyarakat Wisata Sumber Gundi, Desa Tanjung, Kecamatan Pagu, Kabupaten Kediri.

Upaya tersebut dibangun dengan cara pengaturan dan pendirian stand penjualan hanya untuk warga Desa Tanjung, meliputi tiga dukuhan, Balekambang, Sumberejo dan Tanjung Rejo.

Pengaturan dilakukan denga cara memberikan kuota stand pada setiap perwakilan RT/RW untuk mewakili pendirian stand penjualan.

Baca : KPU Tak Fasilitasi Kampanye Kotak Kosong Pilkada Kediri

“Dari pelaku UMKM harus dari pelaku desa kita dulu. Sementara penjual dari luar desa, kami batasi dulu,” terang Ketua UMKM Desa Tanjung, Hari Rahayu.

Ia mengungkapkan, UMKM dilingkungan Sumber Gundi ini sudah dirintis sejak bulan Januari 2020. Namun karena adanya pandemi, anggaran dana desa yang sebelumnya diperuntukan pembangunan wisata di alihkan ke penanggulangan Covid-19.

Untuk jumlah peserta stand penjualan, hanya dibatasi sebanyak 35 unit. Lebih lanjut, saat ini yang sudah dipasang sekitar 15 unit yang sudah berjualan.

Baca : Pelaku Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dapat Bantuan Rp. 10 M

Hal itu dikarenakan agar penataan rapi dan produktivitas penjualan merata untuk semua pedagang.

“Saat ini yang sudah ada 35 stand, kami stop. Sebenarnya juga masih ada pendaftaran yang lain,” ucap Rahayu.

Dari segi permodalan, Rahayu mengaku banyak dibantu dari subsidi bantuan pemerintah dan dana desa. Bahkan untuk modal peminjaman dilakukan tanpa jaminan. Hanya melalui tanda tangan, Ia sebagai Ketua UMKM dan Kepala Desa.

Baca : Boyong Lukisan Ka’bah, Ipuk Janjikan Galery Pamer Perupa Banyuwangi

Untuk rencana kedepannya, Ia akan terus berkoordinasi dengan pemerintah desa untuk melakukan pengembangan guna menambah daya tarik pengunjung.

“Rencanannya nanti kita akan buat 8 perahu dan jembatan ke arah tengah. Supaya mempermudah perjalanan pengunjung. Serta pemancingan untuk menambah pemasukan Kas desa dan Bumdes,” terang Rahayu.

Ia berharap, nantinya hasil produksi pedagang stand penjualan tersebut mampu membantu perekonomian dan kesejahteraan warga desa Tanjung.

Baca : Kopdar Online Mbois Bersama Komunitas Honda di NTT

Amelia Purnamasari (19 tahun), salah satu pemilik stand wisata Sumber Gundi, menyambut baik adanya pengembangan pengelolaan ini.

Menurutnya, hal ini akan dapat memotivasi warga desa untuk mengkreasikan produk olahan masing-masing, serta menambah perkonomian rumah tangga.

“Adanya perkembangan wisata Sumber Gundi ini bagus. Untuk menambah penghasilan bagi warga. Dan mengurangi pengangguran di desa sini,” pungkasnya.***

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca