#UpayaKu, Ropi’i Raup Jutaan Rupiah dari Susu Kambing

  • Whatsapp
Kambing Perah dari Bayu Songgon Banyuwangi.

KABAR RAKYAT – Kisah peternak kambing ini jadi inspirasi banyak orang. Dari usaha yang ditekuni, mampu merubah hidupnya lebih baik dan sejahtera. Ropi’i 44 tahun, adalah peternak kambing perah asal Dusun Sambungrejo Desa Bayu Kecamatan Songgon Banyuwangi.

Menurutnya, kiat tekun usaha peternakan kambing perah yang selalu ditanamkan oleh Ropi’i adalah Tekun, Disiplin dan Bersyukur. Maka hal itu, diyakini akan bisa membawa usahanya terus semakin moncer. Produksi susu kambing perahnya terus bertambah, dan penjualan susu kambing perhari bisa untung jutaan rupiah.

Bacaan Lainnya

Ditambah, prospek kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan tubuh manusia terus meningkat. Karena salah satu, protein susu kambing banyak manfaatnya. Maka peluang usaha jadi peternak kambing perah ditangkapnya.

Diceritakan Ropi’i, sejak tahun 2018 lalu, adalah awal rintisan usaha kambing perahnya. Seiring perkembangan informasi masyarkat makin paham manfaat susu kambing perah. Selain baik bagi imunitas tubuh juga untuk menjaga fitalitas.

Tak ayal, permintaan masyarakat akan susu segar kambing perah milik Ropi’i terus meningkat. Tidak hanya konsumen umum, bahkan susu kambing perah tembus ke industri untuk bahan olahan.

“Saya mengembangkan usaha ternak kambing susu perah sejak 2018, tapi sebelumnya pada awal tahun 2000, saya sudah beternak kambing biasa,” ungkapnya.

Ropi’i, peternak kambing perah Desa Bayu Kec. Songgon Banyuwangi.

Awal Ropi’i mengembangkan usaha kambing perah, bermula dari rekan-rekanya sesama peternak komunitasnya.

“Saat bertemu kelompok komunitas peternak kambing saya melihat peluang kambing perah ini peluang yang bisa dikembangkan. Sebab sumber pangan untuk kambing perah cukup tersedia di kampung saya. Bahkan selain kambing perah, saya ternak kambing lainnya, kambing Etawa, kambing lokal dan lainnya,” tuturnya.

Bukan tidak ada kendala, Ropi’i mengaku pernah kesulitan modal. Bahkan dirinya sempat menjual beberapa kambing untuk tambahan modal mengembangkan membeli kambing perah.

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *