100 Usaha Mikro Sudah Terdaftar di Rumah Kreatif Banyuwangi

  • Whatsapp
Din copy copy copy
Alief Kartiono Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM

Kabar Rakyat100 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Banyuwangi sudah terdaftar dan bertransaksi online di Rumah Kreatif Banyuwangi, Sekretariat di Jl. Ahmad Yani Kecamatan Kota, Banyuwangi.

Plt Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Banyuwangi, Alief Rachman Kartiono mengatakan, Rumah Kreatif yang dilaunching sekitar bulan April 2016 adalah sebagai Pusat Operasional Situs Online Banyuwangi Mall.

Bacaan Lainnya

Sisanya, jelas Alief, ada sekitar 150 lebih pelaku UMKM yang belum terdaftar. Kebanyakan mereka usahanya belum mendaftar tidak memiliki ijin Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) dan beberapa persyaratan ijin lainnya.

Baca juga : Kolaborasi Gojek – Pemkab Dongkrak UMKM Kuliner Lokal

Digedung itu, operasional dikelola oleh muda-mudi binaan Dinas Koperasi dan UMKM yang memahani sistem digital market, meliputi dari bagian administrasi, penanganan order, pengiriman barang, hingga pemotretan produk dan desain grafis UMKM.

UMKM yang akan masuk ke digital market place akan digodok dalam Rumah Kreatif Banyuwangi. Selanjutna akan diperiksa mutu dan kemasan produknya. Sedangkan yang belum memenuhi syarat misal perlu uji laboratorium keamanan pangan akan diarahkan ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk mendapatkan fasilitasi uji laboratorium gratis. Untuk ijin PIRT ditangani oleh Dinas Kesehatan  Kabupaten Banyuwangi.

Diakui Alief, pemasaran berbasis online sekarang ini menjadi kebutuhan guna mendongkrak daya saing UMKM. Jadi, melalui program Rumah Kreatif Banyuwangi dan Banyuwangi Mall diharapkan bisa menjembatani antara konsumen dan produsen untuk transaksi secara langsung tanpa perantara  dan tanpa bertatap muka langsung.

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *