Video Ketua DPRD Banyuwangi Mematahkan Pendapat Bupati Anas Viral

  • Whatsapp
Ketua DPRD Banyuwangi bersama anggota DPRD dari Dapil 1 dalam avara Pra Musrenbangcam di Licin
Ketua DPRD Banyuwangi bersama anggota DPRD dari Dapil 1 dalam acara Pra Musrenbangcam di Licin.

Dewan Sarankan Pemkab Kurangi Festival, Balik ke SDM

KabarRakyat.ID – Video Ketua DPRD Kabupaten Banyuwangi Made Cahyana Negara ‘mematahkan’ pendapat Bupati Abd. Azwar Anas di Pra Musrenbangcam di Kecamatan Licin menjadi viral di media sosial, Facebook dan WhatsApp.

Read More

banner 645x400

Sepanjang video viral yang berdurasi 2 menit 35 detik itu Made Cahyana Negara berbicara seputar SDM, festival hingga CSR dan rencana pengembangan Pulau Tabuhan.

Setelah ditelisik, diketahui, kala itu Ketua DPRD dari F.PDI Perjuangan bersama anggota DPRD dari Dapil 1 (satu), berada di Kecamatan Licin menanggapi materi pidato Bupati Abdullah Azwar Anas, di acara Musrenbangcam serentak secara online, Rabu (5/2/2020).

Ketua DPC PDI Perjuangan Banyuwangi itu mengatakan apresiasinya jika kedepan eksekutif dan legislatif menitikberatkan kepada program pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Kita apresiasi ketika kedepan kita titik berat sama, SDM. Jadi memang semua ini kata kuncinya adalah SDM,” kata Cahyana Negara di awal video usai menyapa jajaran pejabat yang hadir kala itu.

“Seperti bapak gambarkan tadi, Singapura, meskipun sumber daya alamnya tidak punya dan lain sebagainya, tapi ketika SDM nya hebat-hebat maka dia bisa mewujudkan semua itu ada di negaranya,” tambahnya.

Lalu, Made menegaskan bagaimana caranya DPRD dan Pemkab bersinergi menjadikan SDM di Banyuwangi hebat semua.

Seperti di Singapura misalnya, yang diketahui adalah negara yang jauh Sumber Daya Alam (SDA)-nya jika dibandingkan dengan Indonesia.

“Lah termasuk bagaimana kita caranya SDM di Banyuwangi bisa hebat semua,” tegasnya.

“Untuk itu mari kita semua, di DPRD saya juga mengajak para wakil ketua dan teman-teman anggota untuk fokus mengawal penguatan SDM yang ada di Kabupaten Banyuwangi,” imbuh dia.

Lalu Made menyampaikan sarannya terhadap pembangunan Banyuwangi kedepan atau di tahun terakhir kepemimpinan Bupati Azwar Anas.

“Dan saran saya juga, mungkin, para investor dan yang lainnya, program-program difokuskan di SDM juga. Misalkan, contoh, ada yang selama ini konsennya ke infrastruktur atau lainnya, atau ke festival, juga dikurangi pak, ke SDM juga (arahnya), jadi fokus,” saran Ketua DPRD Banyuwangi dua periode itu.

Tak hanya itu, Made juga nyeletuk terkait dana Corporate Social Responsibility (CSR) salah satu investor untuk diarahkan mem-backup gizi anak dan siswa yang putus sekolah di satu kecamatan.

“Misalkan satu CSR investor untuk mem-backup gizinya atau pendidikannya satu kecamatan anak-anak putus sekolah, seperti itu kira-kira. Jadi kita sama-sama fokus pak di SDM,” gamblang Made disambut tepuk tangan hadirin.

Sedangkan, terkait dengan isu yang marak diperbincangkan sejak awal tahun ini, yakni rencana pengembangan Pulau Tabuhan juga turut dikomentarinya.

“Untuk terkait dengan (Pulau) Tabuhan pak, jadi jangan kuatir kita DPR ini kan mengelola demokrasi. Di alam demokrasi ini biasalah kita pro-kontra yang penting endingnya kita DPRD Kabupaten Banyuwangi pasti akan mem-backup atau mendukung apabila itu sangat membantu dan bisa mensejahterakan masyarakat di Banyuwangi, prinsipnya seperti itu,” katanya.

“Demokrasi biasa, pro-kontra biasa tugas kita lah di DPR untuk mengelola itu,” tandasnya.

Di menit akhir video sepanjang 2 menit 35 detik itu, terdengar seperti suara Bupati Anas menyampaikan terimakasih dan meminta hadirin peserta Musrenbangcam bertepuk tangan serentak secara online yang diikuti 25 kecamatan.

Reporter: Hariyadi

Editor: Choiri

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *