Wabup Ajak Warga Bondowoso Isi Data Benar dalam Sensus Penduduk Online 2020

  • Whatsapp
Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat

KabarRakyat.ID – Masyarakat Bondowoso diminta untuk memberikan data yang benar manakala mengisi sensus penduduk secara online, di sensus.bps.go.id

Hal ini disampaikan oleh Wakil Bupati Irwan Bachtiar Rahmat, usai menemui kunjungan petugas Badan Pusat Statistik Kabupaten Bondowoso, ke Wisma Wabup, Selasa (3/2/2020).

Menurut Wabup Irwan, sensus penduduk tahun 2020 ini akan menggunakan sistem online. Selain mengisi data, masyarakat juga akan menjawab sejumlah daftar pertanyaan. Karena itulah, data dan jawaban yang benar pun akan menghasilkan data sensus yang valid.

Di sisi lain, pentingnya masyarakat untuk proaktif dalam sensus penduduk ke tujuh ini.

“Harapan saya kepada masyarakat kalau ada sensus penduduk agar memberikan data yang benar, sehingga data yang diinput kalau sudah benar ya nanti akan menghasilkan data yang valid. Harapan saya masyarakat harus lebih proaktif membantu petugas sensus penduduk,”ujarnya.

Dalam kunjungan BPS itu, Wabup Irwan mengaku telah mencoba cara mengisi sensus penduduk secara online. Dan diketahui, kendala utamanya yakni perihal beberapa titik di Bondowoso yang memang masuk dalam blank spot area.

Catatan dari Diskominfo, dari total 219 desa dan kelurahan, baru sekitar 160an yang sinyal internet bisa masuk.

Sehingga, perlu diantisipasi oleh BPS untuk lokasi-lokasi yang susah sinyal.

“Dan ini juga ada beberapa wilayah di Bondowoso yang tidak ada sinyal, ini juga menjadi kendala. Ini harus dipikirkan oleh BPS, bisa mungkin pengisian secara manual, dan pengisian (Red : secara online) terpusat di BPS,”pungkas Politisi PDIP itu.

Untuk informasi, sensus penduduk ke tujuh di Indonesia kembali digelar. Sensus penduduk 2020 secara online sudah dilaksanakan pada 15 Februari hingga 31 Maret 2020 mendatang. Masyarakat bisa mengakses sensus penduduk secara online di sensus.bps.go.id.

Reporter : ifa

Editor : Setiawan

Related posts

banner 645x400
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *