Wabup Irwan Buka Bursa Inovasi Desa Kluster 3

  • Whatsapp

Wabup Bondowoso Irwan di Inovasi DesaWabup Bondowoso Irwan di Inovasi DesaWabup Bondowoso Irwan di Inovasi Desa. Ft. Ifa/KabarRakyatID

KabarRakyat.ID – Sebanyak 46 desa menunjukan potensi wilayahnya di Bursa Inovasi Desa (BID) Cluster 3, digelar area Pasar Desa Jebung Kidul, Kecamatan Tlogosari, Bondowoso. Wadah saluran potensi desa, bertujuan untuk mamajukan potensi pedesaan.

Read More

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat dalam sambuta pembukaan mengatakan, BID jangan hanya jadi ajang adu konsep atau gagasan, tapi diwujudkan dan lanjutkan dengan kerjasama.

“Harus ada kerja sama antar desa. Sekarang yang perlu digagas adalah business plan, dan jiwa enterpreuner. Bukan hanya menampilkan atau memajang produk masing-masing,” ujarnya.

Dijelaskan Wabup, BID adalah suatu alat untuk saling bertukar pikiran, saling asah dan saling asuh. Namun demikian, kata dia, desa tidak bisa mereplikasi langsung dari desa lain, harus memanfaatkan kekayaan di desa masing-masing.

Hadir,  Asisten I Agung Tri Handono, Camat dari enam kecamatan, tim pelaksana inovasi desa (TPID) dan undangan yang lain, Selasa (20/8/2019).

Berbagai inovasi dari 6 enam kecamatan dipamerkan dalam dalam acara Bursa Inovasi Desa (BID) cluster 3 di Pasar Desa, Desa Jebung Kidul Kecamatan Tlogosari, Bondowoso. Mulai kuliner, hasil alam, hingga kerajinan tangan.

Data yang berhasil dihimpun, ada 6 kecamatan dalam cluster 3 ini, yakni kecamatan Pujer, Ijen, Sukosari, Sumberwringin, Tlogosari, dan Tamanan.

Bursa Inovasi Desa kali berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebelumnya dipusatkan di Kecamatan Bondowoso atau kota. Namun, berdasarkan teknis dari Kementerian BID , harus dibagi setiap wilayah kecamatan. Bondowoso dibagi empat cluster. Sehingga inovasi di setiap desa bisa dirasakan masyarakat secara langsung,” ucap Abdurrahman  Ketua Tim Inovasi Kabupaten Bondowoso.

Reporter: Ifa

Editor: Setiawan



Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *