Kamis, November 26, 2020
Beranda JATIM BANYUWANGI Wagub Emil : Wisata Bangsring Underwater Patut Diadopsi Nelayan di Jatim

Wagub Emil : Wisata Bangsring Underwater Patut Diadopsi Nelayan di Jatim

REPORTERJaenudin/hms

KABAR RAKYAT – Datang ke Kabupaten Banyuwangi, Wakil Gubernur Jatim Emil Elistianto Dardak menikmati destinasi wisata Bangsring Underwater, berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo, (7/11/2020).

Didampingi Ikhwan Arif, pengelola Wisata Bangsring Undenwater. Wagub Emil tampak fokus mengamati tempat konservasi terumbu karang. Mantan Bupati Trenggalek ini juga melihat perpustakaan alam dan upaya perang melawan plastik, dengan menempatkan sampah plastik.

Wagub Emil mengatakan potensi wisata Banyuwangi sangat besar. Dukungan masyarakatnya mendukung penuh membuat destinasi wisata yang edukatif, seperti Bangsring Underwater. Dari pantai biasa bisa menjadi tempat konservasi terumbu karang.

“Tentu ini sangat bagus. Selain pemerintahnya yang peduli dengan wisata, masyarakat pelaku wisata mampu berinovasi membuat kegiatan edukasi untuk wisata,” ujarnya.

Emil berharap semangat kelestarian yang dilakukan pemuda dan nelayan di pantai Bangsring terus meningkatkan perekonomian warga sekitar. Hal ini bisa ditiru masyarakat pesisir lain di seluruh Indonesia, khususnya Jawa Timur.

“Bagus sekali, ekosistem laut terjaga, ini luar biasa. Jadi teman-teman tetap mencari nafkah untuk keluarganya, dengan tetap menjaga keberlangsungan hidup bawah laut. Ini bisa menjadi model percontohan ramah lingkungan, keren, lautnya bersih, ikannya berkembang biak,” ungkap Emil.

Kesempatan itu, Wagub Emil berjanji bakal memberi bantuan berupa perlengkapan menyelam untuk pengelola Bangsring Under Water Banyuwangi, agar proses pelestarian laut bisa lebih optimal.

Pengelola Bangsring Underwater, Ikhwan Arief mengatakan, kehadiran Wakil Gubernur Jawa Timur, di Rumah Apung Bangsring Under Water ini bentuk support dan apresiasi gerakan pemuda penjaga ekosistem laut dan peningkatan perekonomian nelayan di sepanjang pesisir Bangsring Under Water.

Sejak tahun 2007 lalu, nelayan Bangsring sepakat menjadikan kawasan konservasi seluas 15 hektare. Saat ini, sudah terdapat ribuan transplantasi terumbu karang di bawahnya, ikan-ikan yang dulu hilang juga sudah kembali.

Wisata Bangsring Underwater kini telah menjadi destinasi wisata edukasi dan menginspirasi banyak nelayan di pesisir lain di Banyuwangi hingga nusantara dan Internasional.

Di kawasan ini terdapat rumah apung yang menjadi lokasi pengunjung menikmati ikan hias laut. Dari destinasi ini, pengunjung bisa langsung menuju Pulau Tabuhan yang terkenal dengan keelokan pasir putihnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca