Wakil Bupati Ciamis Hadiri Launching Program Mantiq Sadesha Zona V Kabupaten Ciamis

  • Whatsapp
KABAR RAKYAT – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra menghadiri acara Launching dan sosialisasi Program Mantiq (Semaan, Tilawah dan Qiro’ah) Sadesha (Satu Desa Satu Hafidz) zona V Kabupaten Ciamis yang dilaksanakan di Gedung Olahraga SDN 4 Panjalu Kecamatan Panjalu. Senin (05/04/2021).
Sadesha merupakan salah satu program Gubernur Jawa Barat Mochammad Ridwan Kamil untuk mencetak generasi penghapal Al Qur’an di setiap Desa di Jawa Barat yang telah diluncurkan pada bulan November 2020.
Dalam sambutanya Wakil Bupati Ciamis mengaku menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan diluncurkannya Program Mantiq Sadesha Korwil zona V Kabupaten Ciamis.
“Atas nama pribadi dan pemerintah saya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan diluncurkannya Program Mantiq Sadesha Korwil zona V Kabupaten Ciamis,” Ucap Yana.
Menurutnya Sadesha merupakan program yang sangat mulia, dengan program tersebut secara tidak langsung dapat membantu pemerintah daerah terutama jika dikaitkan dengan visi misi Kabupaten Ciamis.
“Dengan program Sadesha ini saya yakin dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia di tatar galuh ciamis,” ungkapnya.
Dikatakan Wabup, seseorang bisa menjadi hebat karena dua hal, pertama dengan siapa ia bergaul, kedua dari apa yang dia baca.

“Al-Qur’an adalah kalam Ilahi semakin banyak seseorang membacanya dan menelaahnya maka sudah dapat dipastikan bahwa seseorang tersebut adalah orang hebat,” jelasnya.
“Saya berharap dari program ini bukan hanya melahirkan satu atau dua hafidzh saja tetapi bisa mencetak ratusan bahkan ribuan hafizh di Kabupaten Ciamis,” tambahnya.
Serta dapat menjadi motivasi buat semua orang untuk mempedomani nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al Qur’an dan dapat mengimplementasikanya dalam kehidupan sehari hari.
“Bagaimana  nilai- nilai dalam Al Qur’an dapat di implementasikan dalam kehidupan sehari-hari , disitulah substansi program Sadesha ini,” Pungkasnya.
Ketua Panitia acara Hj. Tini Sopiyah melaporkan  peserta Hafidz 30 peserta, yang diperinci terdiri dari 22 orang peserta beasiswa dan 9 orang peserta pemberdayaan.
Di katakan Tini, yang 9 orang telah melakukan pendidikan, pencetakan generasi penghafal Al Quran Hafidz/Hafidzah, Qori/Qori’ah sampai sekarang secara keseluruhan sudah berjumlah  519 orang.
“Untuk  zona V Sadesha Kabupaten Ciamis terdiri dari 63 desa, yang berisi Hafidz dan Hafidzah baru 20%, artinya masih ada 80% lagi yang belum terisi, ” Ungkapnya.
Ia berharap  dengan adanya program Mantik Sadesha ini 4 tahun atau 5 tahun kedepan tiap Desa ada penghafal Al Qur’an nya, serta para peserta Sadesha mampu untuk mengamalkan nilai-nilai Alquran sampai akhir hayat.*

Pos terkait


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *