Walikota Probolinggo Plototi Absensi ASN Usai Liburan Idhul Fitri

206 views
Foto: Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin saat Sidaj ASN usai libur lebaran. (Welly/Humas) 

Foto: Walikota Probolinggo Hadi Zainal Abidin saat Sidak ASN usai libur lebaran. (Welly/Humas)

KABARRAKYAT.ID – Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin bersama Wawali Mochammad Soufis Subri melakukan sidak hari pertama usai cuti Idhul Fitri 1440 H, Senin (10/6/2019).

Dalam Sidak tersebut Walikota plototi absensi ASN (Apraratur sipil negara) di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo.

Menyambut hari pertama kerja selepas libur panjang Wali Kota Habib Hadi bagi tugas dengan Wawali Subri memantau absensi para pegawainya. Beliau, langsung sidak ke lingkungan Kantor Wali Kota. Sementara wakil Walikota memonitor pegawai di OPD.

Ada pemandangan menarik, sejumlah pegawai lari tergopoh-gopoh saat melihat orang nomor satu itu memantau langsung hari pertama masuk kerja. Aksi buru-buru melakukan absen itu terjadi di BPPKAD.

Di BPPKAD terdapat dua mesin absensi, satu khusus untuk ASN, satu mesin untuk THL (tenaga harian lepas).

“Data absensinya nanti di print, diambil, supaya tahu mana yang absen atau belum,” pinta Walikota.

Setelah dari BPPKAD, Habib Hadi bergeser ke kantor Bagian Humas dan Protokol. Permintaannya sama meminta staf segera mencetak absensi.

“Mana bagian IT-nya disini? Segera diprint ya absensinya,” ujarnya setelah masuk ke ruangan kantor.

Hampir semua OPD disasar sang Walikota yang mulai ngebut menuntaskan program kerjanya. Di lingkungan sekretariat tidak ditemukan karyawan yang bolos kerja. Sementara sisanya  ijin karena kondisi sakit sesuai surat keterangan dokter.  Menanggapi jumlah kehadiran pegawainya Walikota Probolinggo mengaku senang.

“Alhamdulillah sudah saya cek, semua hadir. Tidak ada lagi manipulasi data karena OPD sudah pake finger print, absen menggunakan face dan sidik jari. Ke depan kami akan tingkatkan keakurasian, jika terjadi pelanggaran akan terdeteksi,” jelas Habib Hadi.

Di Pemkot Probolinggo terdapat lebih dari 4000 yang tersebar di berbagai OPD. Jika nantinya data BPKSDM menunjukkan adanya karyawan yang absen, Wali Kota Habib Hadi akan menegakkan aturan secara tegas. Ia akan memanggil dan melihat apakah ada unsur kesengajaan sehingga tidak ngantor.

Sementara itu, Wawali Subri berkeliling ke beberapa OPD seperti Kecamatan Wonoasih, Kelurahan Wonoasih, Puskesmas Wonoasih, Kelurahan Jrebeng Kidul dan Disnaker.

“Kami meninjau ujung tombak pemerintahan, di kelurahan-kelurahan. Secara personil dan alat-alat sudah saya cek, sudah siap melayani masyarakat. Secara keseluruhan semua hadir, insyaallah 100 persen hadir kecuali yang cuti melahirkan atau sakit,” ungkap Subri.

Reporter: Richard 

Editor: Choiri

Banner PDI







Loading...

#libur lebaran idhul fitri #walikota probolinggo #Sidak ASN usai libur lebaran

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply