Warga Bayu Memberi Dukungan Moral Kepala Desa di Polsek Songgon

  • Whatsapp
Warga Bayu mendatangi Polsek Songgon
Warga Bayu mendatangi Polsek Songgon, Jum'at (31/1/2020). ft. Eko/KabarRakyatID

Kepolisian menangani permasalahan seputar Program Tanah Obyek Revorma Agraria atau TORA

KabarRakyat.ID – Ratusan orang mengiring Sugito, Kepala Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, ke Reskrim Polsek Songgon yang hendak diminta keterangan seputar program Tanah Obyek Revorma Agraria (TORA), kemarin, Jum’at (31/1) pagi.

Read More

Warga Desa Bayu, mengaku sebagai anggota Fatayat dan Ansor, Ranting Bayu. Mereka datang ke Polsek Songgon bertujuan untuk memberikan dukungan moral kepada pemimpinannya, Sugito, Kepala Desa Bayu.

Kapolsek Songgon, AKP Bakin S.H menjelaskan, infomasi yang berkembang di lapangan bahwa kehadiran warga Sambungrejo ini dalam rangka solidaritas kalau kadesnya di mintai keterangan terkait kasus yang di laporkan beberapa bulan lalu.

“Tentunya warga tidak memahami, makanya monggo, warga tidak ada masalah datang. Sehingga kita bisa memberikan penjelasan secara gamblang. Bahwa namanya kepolisian, bila menangani kasus itu urutan tahapannya jelas,” ujar AKP Bakin ditemui wartawan KabarRakyatID di Mapolsek, kemarin, (31/1/2020).

Terpisah, Mat Suwarno warga Desa Bayu di depan Mapolsek setempat, menyampaikan, bahwa kita datang ke Polsek Songgon, ingin memberikan dukungannya kepada Kepala Desa Bayu, dimana sekarang beliau sedang dalam proses di mintai keterangan.

Seorang relawan Laskar Hijau, Lukman Hakim yang turut hadir di Mapolsek Songgon, menyampaikan, “Memang pada awalnya 2 oktober 2019 KSP Pak Hosen itu sosialisasi di Banyuwangi terkait TORA. Jadi apa yang dilakukan Kepala Desa dan pak RT-pak RT yang dipanggil ke Polsek Songgon dalam rangka melaksanakan program TORA tersebut. Harapannya, ketiga program tersebut dikerjakan kok jadi seperti ini. Warga berdatangan itu tidak ada komando  datang sendiri-sendiri memberikan suport, memberikan semangat bahwa apa yang dilakukan Kepala Desa adalah sudah benar. TORA adalah Tanah Obyek Revorma Agraria, di Dusun Samburngrejo sebelum kemerdekaan ada itu masyarakat sudah ada. Dan wajar ketika ada Perpres yang mendukung, wajar juga Pak Kepala Desa memberi semangat untuk mengajukan ke pemerintah pusat, Kepresidenan terkait melaksanakan progran TORA itu sendiri”, pungkasnya.

Hingga kini, wartawan KabarRakyatID belum mendapat penjelasan siapa sebenarnya pelapor dalam perkara TORA di wilayah Desa Bayu itu.

Dalam pantauan, Kepala Desa Bayu, Sugito pagi hingga siang diminta keterangan penyidik Reskrim Polsek Songgon. Selesainya, yang bersangkutan belum memberikan keterangan apapun pada wartawan.

Reporter: Eko

Editor: Choiri

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *