Warga Kaliuluh Demo BSI dan ASB, Tuntut Perbaikan Jalan

  • Whatsapp
Warga Kaliuluh Demo Tuntut Perbaikan Jalan
Warga Kaliuluh Demo Tuntut Perbaikan Jalan

BANYUWANGI – Ratusan warga Kaliuluh Dusun Silirbaru Desa Sumberagung Kecamatan Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi, Rabu (22/11) melakukan aksi penghadangan truk milik PT. Bumi Suksesindo (BSI).

Berdasar pantauan beritarakyat dan kabarrakyat di lapangan, ratusan warga sempat menghadang bis milik PT. BSI. Untung aksi penghadangan bis bisa diredam oleh Waka Polsek Pesanggaran, Iptu Rudi, sehingga bis bisa melanjutkan perjalanan kembali.

Bukan hanya penghadangan saja, warga juga melakukan penanaman pohon pisang di tengah jalan yang rusak parah akibat dilalui truk muat, alat berat dan damp truck muat batu proyek break water (pecah gelombang) pelabuhan Pancer.

Warga kaliuluh hadang bis BSI
Warga kaliuluh hadang bis BSI

Saat aksi berlangsung, beberapa perwakilan warga diajak musyawarah di Kantor Kecamatan Pesanggaran, bersama pihak PT. Bumi Suksesindo (BSI) dan PT. Aura Sinar Baru (ASB).

Hari, salah satu tokoh pemuda setelah keluar dari pertemuan itu mengatakan, bahwa yang paling penting itu kondisi jalan kembali bagus dan tidak rusak seperti ini. Dalam pertemuan itu, pihak PT. BSI dan PT. ASB, akan melakukan pemeliharaan jalan dari pertigaan Lowi sampai dengan depan rumah Parjan agar kondisi jalan tidak rusak.

Musyawarah warga dengan PT. BSI dan PT. ASB di Kantor Kecamatan
Musyawarah warga dengan PT. BSI dan PT. ASB di Kantor Kecamatan

“Selain itu pemiliharaan jalan dari Lowi sampai pertigaan Koramil Pesanggaran. Menurut hasil pertemuan tadi, kedua mega proyek yang berada di Kecamatan Pesangaran akan dilaksanakan besok kamis (23/11). Kalau PT. BSI dan PT. ASB mengingkari hasil pertemuan yang disaksikan oleh Forpimka Pesanggaran, maka warga akan terus melakukan aksi penghadangan truk atau mobil milik PT BSI,” kata Hari.

Manager Government Relation (Govrel) PT. BSI, Yunizar Imamsyah  menjelaskan, dari hasil pertemuan itu, PT. BSI akan melakukan perbaikan kondisi jalan yang diminta masyarakat setempat.

Jalan rusak ditanami pohon pisang oleh warga
Jalan rusak ditanami pohon pisang oleh warga

Camat Pesanggaran, Drs. Hardiono, mengatakan bahwa rencananya perbaikan kondisi jalan akan dilaksanakan besok Kamis (23/11). Pemeliharaan yang dipilih adalah dengan cor beton K30. Sedangkan PT. BSI dan PT. ASB.bertindak sebagai pelaksananya.

Camat Pesanggaran didamping Danramil Pesanggaran, menambahkan, bila besok tidak segera dilaksanakan perbaikan jalan, maka pihaknya akan menjewer dua pelaksana proyek tersebut.

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *