Waspada Virus Corona, RSUD Milik Pemkab Blitar Siapkan Ruang Isolasi dan Tim Khusus

  • Whatsapp
Antisipasi Virus Corona' (1)
Simulasi. Tim khusus medis RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Blitar diruang isolasi. ft. dok/Rif/KR.ID

KabarRakyat.ID – Merebaknya kabar wabah penyakit Virus Suspect Virus Corona di Negeri China, Hingga mengakibatkan puluhan warganya meninggal serta terisolir.

Sejumlah rumah sakit daerah di Indonesia mulai melakukan berbagai upaya antisipasi pencegahan serta penanganan pasien terhadap virus tersebut.

Read More

Macam persiapan itu, salah satunya dilakukan RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Kabupaten Blitar.

Antisipasi Virus Corona' (5)
Wawancara. Dr. Endah Woro Utami, Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Kabupaten Blitar. ft. Rif.

Direktur RSUD Ngudi Waluyo Wlingi, Dr Endah Woro Utami mengatakan, upaya pencegahan serta penanganan pasien di rumah sakit telah disiapkan. Tahapan itu mulai dari, penyediaan ruang isolasi khusus bagi pasien suspect virus corona dan pembentukan tim khusus penanganan pasien.

Total ada tiga belas ruang isolasi yang dipersiapkan. Antara lain, 8 di ruang paru, 2 ruang khusus anak, 2 ruang di icu, dan 1 ruang berada di IGD. Semua ruang isolasi itu dilengkapi alat magnehelic atau alat untuk melihat tekanan ruang udara negative.

“Kita tidak mau kecolongan terkait virus tersebut. Sebab, Dikabarkan hingga saat ini virus mematikan itu belum ditemukan obatnya. Untuk itu, tindakan awal kita buat simulasi. Agar kedepannya tim medis mengetahui Standar Operasional Prosedur (SOP) dari penanganan wabah tersebut,” kata Endah Woro di ruang kerjanya, Selasa siang (28/1/2020).

Simulasi penanganan pasien suspect virus corona ini mulai dari, pengamanan petugas dengan mengenakan baju proteksi. Seperti mengenakan baju rangkap, masker, kaos tangan, penutup rambut, sepatu boot dan juga penutup kepala atau helm.

“ Baju proteksi tersebut, wajib dikenakan oleh petugas yang akan menangani pasien suspect virus corona,” tandasnya.

Sekedar diketahui, Kabupaten Blitar adalah salah satu lumbung dari tenaga kerja Indonesia (TKI) terbesar di Jawa Timur. Dan dari jutaan warganya itu sebagian di antaranya mengais devisa di negara Hongkong dan Taiwan.

Reporter: Rif

Editor: Rony DE

Related posts

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *