Rabu, November 25, 2020
Beranda DESTINASI Wisata Seladaan Banyuwangi Menyajikan Keindahan Alam Menyegarkan Mata Para Traveller

Wisata Seladaan Banyuwangi Menyajikan Keindahan Alam Menyegarkan Mata Para Traveller

REPORTERWahyudi

KABAR RAKYAT – Wisata alam pemandian seladaan atau yang sering di sebut dengan Kampung Sidat / sumber Japuro (Rejopuro) ini, merupakan sebuah sumber mata air yang mengalir dari area persawahan di Kecamatan Glagah, Banyuwangi.

Menyajikan keindahan alam yang indah, sehingga wisata ini sangat cocok untuk kita yang menikmati waktu libur bersama keluarga tercinta.

Adapun sejarah singkatnya yakni, berawal dari sumber mata air yang dulunya hanya semak belukar yang sunut (Sepi). Dan apabila warga datang ke tempat ini hanya untuk mencari tanaman selada.

Baru pada bulan Januari 2018, warga setempat bahu-membahu melakukan sebuah gebrakan untuk membersihkan sumber daya alam ini dengan tujuan menciptakan sebuah destinasi alam dan pemandian.

Seiring berjalannya waktu dan pada tahun 2020 saat ini, kampung Sidat atau Destinasi sumber mata air seladaan tersebut masuk dalam Percepatan Peningkatan Destinasi Pariwisata di Era New Normal (Disbudpar Banyuwangi).

Untuk menuju kesana, akses lokasi wisata alam yang satu ini juga cukup tergolong mudah, karena hanya berjarak 17 KM dari pusat kota Banyuwangi. Ada dua jalur menuju ke daerah Rejopuro ini, yang pertama dari arah Kampung Anyar dan kedua dari arah Licin.

Sesampai di pemandian seladaan ini, Anda yg berjiwa traveller akan di sambut dengan eksotisnya banyak ikan emas yang bebas berenang kesana kemari di selokan ala Japanes ini.

Hal yang menariknya lagi dari sumber seladaan ini, ialah adanya saluran irigasi atau sungai kecil yang bisa di jadikan aktivitas tubing yang menggunakan alternatif ban.

Karena aliran sungainya tidak cukup deras dan juga tidak dalam, banyak anak-anak dari desa sekitar membawa ban tersebut untuk sekedar bermain-main air, jadi aman untuk di pakai aktivitas anak-anak bermain.

Lebih lanjutnya, yang harus para taveller ketahui, pemandian alami seladaan ini sangat terjaga kejernihanya, terutama pada musim penghujan pun airnya tidak mengalami keruh.

Hal ini dikarenakan sumber air yang berasal dari bawah tanah dan alam sekitarnya juga cukup sangat terjaga hingga tanaman selada air umbuh dan berkembang biak dengan baik.

Bagi para traveller yang hendak berkunjung, ada himbauan dari salah satu pihak pengelola yang di wakili oleh Lukman mengatakan, untuk selalu mengikuti sekaligus mematuhi protokol kesehatan yang ada mengetahui keadaan adanya pandemi Covid-19 saat ini.

“Tolong di sampaikan kepada teman-teman traveller dari manapun apabila hendak berkunjung dan main kesini dimhon untuk tetap dan slalu mematuhi protokol kesehatan yang ada, demi terjaganya kesehatan dan kenyamanan kita bersama”. Jelas Lukman selaku salah satu pengelola wisata alam pemandian seladaan.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca