Sunday, August 16, 2020
Home BANYUWANGI Wisata Taman Nasional Alas Purwo Lolos Verifikasi Berstiker New Normal

Wisata Taman Nasional Alas Purwo Lolos Verifikasi Berstiker New Normal

KABAR RAKYAT – Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-10 Kabupaten Banyuwangi, datang di Wisata Taman Nasional Alas Purwo, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Rabu (8/7). Mereka melihat langsung simulasi penerapan pra kondisi new normal.

Camat Tegaldlimo Drs. Sigit Harijanto yang turut mendamping Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 mengatakan simulasi bertepatan momen acara umat Hindu Tegaldlimo yang menggelar ritual Pagerwesi di dalam kawasan hutan Alas Purwo.

Hadir dalam kesempatan itu, selain Gugus Tugas Kabupaten, juga Forpimka Tegaldlimo bersama dari Taman Nasional Alas Purwo.

Dianggap lolos verifikasi protokol kesehatan pra kondisi new normal, Wisata Alas Purwo di tempel stiker new normal. Besok tanggal 13 Juli akan dibuka untuk umum domestik aja setelah itu baru di evaluasi.

Dikutip Kabar Rakyat dari situs Wikipedia Hari ini dirayakan untuk memuliakan Ida Sanghyang Widhi Wasa dengan manifestasinya sebagai Sanghyang Pramesti Guru (Tuhan sebagai guru alam semesta).

[the_ad id=”29596″]

Hari dirayakan mengandung filosofis sebagai simbol keteguhan iman, Pagerwesi berasal dari kata Pager yang berarti pagar atau pelindung, dan Wesi yang berarti besi.

Umat Hindu menggelar upacara Pagerwesi

Pagar Besi ini memiliki makna suatu sikap keteguhan dari iman dan ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia, sebab tanpa ilmu pengetahuan kehidupan manusia akan mengalami kegelapan (Awidya).

Hari raya ini diperingati dengan cara melakukan persembahyangan mulai dari Sanggah/Merajan (tempat bersembahyang dilingkungan rumah tangga) hingga ke Pura lainnya dilingkungan desa maupun Pura Kahyangan Jagat lainnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER