Wow! Penakluk Tanjakan Ijen Thomas Lebas Is Back

118 views
Etape 4 ITdBI 2019 (1)

Etape 4 ITdBI 2019

Etape 4 ITDBI 2019

KabarRakyat.ID – Juara Tour de Indonesia 2019, Thomas Lebas sukses melibas rute terberat International Tour de Ijen Banyuwangi (ITDBI) 2019. Rider asal Prancis yang tergabung dalam Kinan Cycling Team ini menaklukkan tanjakan menuju Paltuding, Gunung Ijen yang memiliki ketinggian 1.880 mdpl dengan catatan waktu tercepat 3 jam 47 menit 51 detik, mengacangi pesaing beratnya Benjamin Dyball (Team Sapura Cycling) yang hanya mampu finish di urutan kelima.

Memang sudah tak diragukan lagi kemampuan Thomas Lebas di medan yang menanjak, beberapakali ia naik podium di kejuaraan-kejuaraan balap sepeda nasional maupun internasional. Dan di tahun kedelapan ITDBI kali ini, ia berhasil menjadi juara 1 Etape 4 ITDBI. Secara otomatis, Thomas Lebas berhak atas Polkadot Jersey atau sebagai best climber.

Pada kejuaraan balap sepeda tahun ini, juga menyisakan kegagalan seorang pembalap Jesse Ewart dari Team Sapura Cycling untuk mempertahankan Yellow Jersey yang sudah dipegangnya dua kali berturut-turut pada Etape 2 dan Etape 3. Namun pada etape terakhir, pembalap asal Australia ini terpaksa harus merelakan gelar prestisius Yellow Jersey kepada Robbie Hucker dari Team Ukyo yang juga berkebangsaan Australia.

Sementara Green Jersey juga berpindah tangan. Jika sebelumnya best sprinter dinobatkan tiga kali berturut-turut kepada Maral Erdene Batmunkh dari Terengganu Cycling Team, pada Etape 4 pembalap asal Mongolia ini harus puas diurutan kedua dan menyerahkan Green Jersey kepada Corbin Strong dari Tim St George Continental Cycling.

Etape 4 ITdBI 2019 (2)

Etape 4 ITdBI 2019

Sedangkan kategori Best Indonesian Rider (Red and White Jersey) sukses dicapai atlet pembalap Indonesia terbaik, Aiman Cahyadi yang tergabung di Tim PGN Road Cycling Team.

Meski demikian, Aiman gagal di kategori Stage Best Indonesian Rider karena hanya mampu di posisi kedua. Catatan waktu Aiman terpaut 1 menit 59 detik dari Muh. Abdurrahman dari Tim KFC yang menempati urutan pertama.

“Seperti yang sudah saya katakan berulang-ulang bahwa Etape 4 merupakan rute neraka bagi para rider. Dan etape terakhir ini merupakan etape pamungkas sekaligus etape pertarungan para climber seperti halnya Benjamin Dybal, Thomas Lebas, Moh. Ganjkhanlou dari Iran, dan Aiman Cahyadi yang juga memiliki skil climber,” ungkap Chairman ITdBI Guntur Priambodo, Sabtu (28/9/2019).

“Dan hasilnya, Thomas Lebas yang sukses menjadi jawara etape keempat. Mudah-mudahan dia (Thomas) bisa ikut kembali tahun depan. Tentu tahun depan, ITDBI bakal lebih menarik dengan rute yang lebih menantang,” imbuhnya.

Reporter : Fattahur

Editor : Choiri

banner 970x90









Loading...

#internasional tour de banyuwangi ijen #ITdBI 2019 #wisata alam ijen

Author: 
    author

    Related Post

    banner 800x600)

    Leave a reply