Kamis, Januari 21, 2021
Beranda JATIM BONDOWOSO Yustisi Prokes Covid-19 di Bondowoso, Banyak Pelanggar Ogah Ditindak

Yustisi Prokes Covid-19 di Bondowoso, Banyak Pelanggar Ogah Ditindak

REPORTERIfa Bahsa

KABAR RAKYAT – Di Kabupaten Bondowoso, penindakan bagi pelanggar protokol kesehatan Covid-19 ternyata tidak selalu mudah. Padahal tujuan dilaksanakannya operasi yustisi Protokol Kesehatan tak lain untuk mendisiplinkan kebiasaan baru mencegah penyebaran Covid-19.

Seperti dialami seorang petugas operasi yustisi yakni PPNS (Penyidik Pegawai Negeri Sipil) Satpol PP Bondowoso, Samsul Hadi.

Menurutnya, selama operasi sejak 15 September 2020 kemarin, tak sedikit warga yang tak mau ditindak. Mereka justru berbelit-belit dengan berbagai macam alasan.

“Padahal tujuan kita tak lain, agar tetap patuh terhadap aturan dalam menerapkan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan). Itu untuk keselamatan warga sendiri,” katanya.

Namun ia dan sejumlah petugas lainnya, tak lantas diam untuk memberikan edukasi. Bahwa bermasker itu demi keselamatan pribadi dan orang lain.

“Jadi kami imbau pengguna roda empat tetap memaki masker. Sebab virus berkembang pada tempat lembap. Di dalam mobil pakai AC, virus bisa betah,” jelasnya.

Dijelaskannya juga, bahwa dalam sebuah operasi, sempat juga bersitegang dengan pelanggar yang  tak mau ditindak.

Selain itu, ia tetap memerhatikan situasi dan kondisi. Kalau sekiranya bersikukuh dan masih banyak pelanggar yang lain, dikesampingkan dulu dan diberikan waktu khusus.

“Tapi sekiranya langsung mengerti ya kita lanjut. Kita juga kondisional. Misalnya ada kepentingan yang urgen seperti kepaten  (ada yang meninggal). Kita lihat kesalahannya juga,” jelasnya.

Menurutnya, operasi yustisi sendiri dalam sehari ada dua kali. Yakni pagi Pukul 09.00-11.00 WIB dan malam hari pukul 19.00-21.00 WIB.

“Lokasi acak. Tapi kalau pagi kita agak keluar dari zona kota,” jelasnya saat dikonfirmasi, Kamis (12/11/2020).

Dari awal dilaksanakan operasi yustisi, lanjut dia, ada sekitar 1.500 pelanggar protokol Covid-19 yang ditindak. Ada yang didenda, dan sanksi sosial.

“Saya berharap warga Kabupaten Bondowoso terus sadar, demi keselamatan bersama,” harapnya.*

EDITORSetiawan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

POPULER

error: Selamat Membaca