Fasilitasi Keluhan Publik dengan Wadul Gus’e, Pemkab Jember Tuai Apresiasi Dari Pemerintah Pusat

Oct 17, 2025 - 17:48
Oct 17, 2025 - 19:23
 0
Fasilitasi Keluhan Publik dengan Wadul Gus’e, Pemkab Jember Tuai Apresiasi Dari Pemerintah Pusat
Bupati Jember Muhammad Fawait (kiri) memperkenalkan produk cerutu unggulan Jember saat menerima lawatan perwakilan dari Kementerian Dalam Negeri, Kamis (16/10/25).

KABAR RAKYAT, JEMBER - Layanan aduan Pemerintah Kabupaten Jember berbasis daring atau Wadul Gus’e tuai apreasiasi dari Pemerintah Pusat.

Pujian itu disampaikan langsung Kepala Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia

Yusharto Huntoyungo dalam kunjungan kerjanya ke Jember, Kamis (16/10/25).

Menurutnya inovasi yang dilakukan Pemkab Jember merupakan komitmen Pemerintah Daerah yang responsif terhadap kebutuhan masyrakatnya.

Bahkan Wadul Gus’e yang diinisiasi Bupati Jember Muhammad Fawait pada Maret silam, dinilai dapat menjadi percontohan bagi pemerintah daerah lainnya.

“ Apresiasi setinggi tinginya kami berikan kepada Pemkab Jember atas inovasi Wadul Gus’e. Inovasi pada percepatan pelayanan publik ini patut dijadikan percontohan bagi daerah lainnya,” ungkap Yusharto.

Program Wadul Gus’e juga dinilai sejalan dengan arahan Kementerian Dalam Negeri untuk memperkuat dan mempercepat ekosistem inovasi pelayanan publik di Indonesia.

Merespon apresiasi itu Bupati Jember Muhammad Fawait menerangkan baginya inovasi merupakan keharusan untuk meningkatkan pelayanan publik yang cepat dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Pemerintah harus mampu beradaptasi dengan perkembangan zaman agar Jember tidak tertinggal dari daerah lain,” ujar pria yang karib disapa Gus Fawait.

Dari inovasi yang telah diluncurkan, Wadul Gus’e bereperan efektif dalam merespon secara cepat keluhan fasilitas dan pelayanan publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Jember.

Menurut Fawait sejak diperkanalkan pertama kali pada Maret 2025 kanal Wadul Gus’e telah mendapatkan aduan masyarakat sekitar 7-8 ribu.

“Alhamdulillah dari seluruh aduan yang masuk di Wadul Gus’e setidak 89% diantaranya sudah berhasil ditindak lanjuti,”sambungnya.

Tak ayal jika Wadul Gus’e selain menjadi kanal masyarakat untuk mengadu juga berperan dalam mendorong optimalisasi dan inovasi masing masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Pemkab Jember.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow